Hal yang Perlu Dilakukan Saat Harus WFH Permanen

Last update on .

Ada beberapa perusahaan memberlakukan work from home (WFH) secara permanen. Beberapa orang mungkin merasa cocok dengan sistem kerja tanpa tatap muka langsung seperti ini. Selain itu, sebagian lain bisa saja perlu adaptasi panjang jika harus bekerja dari rumah dalam waktu yang lama. Apa yang harus dilakukan jika perusahaan menerapkan kebijakan itu? Berikut tips dari Karirgogo.com dalam menanggapi kebijakan WFH permanen dari perusahaan.

 

Bagaimana cara terbaik Anda untuk bekerja

 

Mengubah kebiasaan dari bekerja di kantor ke bekerja di rumah tidaklah mudah. Anda harus beradaptasi kembali agar bisa fokus bekerja saat WFH. Jika Anda merasa belum siap untuk mulai bekerja dari rumah, cobalah untuk mencari tahu kondisi seperti apa yang paling nyaman dalam jangka panjang ketika bekerja dari rumah.

 

Bekerja secara WFH dalam jangka waktu yang lama tidak mudah dijalani. Terlebih apabila Anda adalah seorang ekstrovert yang terbiasa bertemu banyak orang selama bekerja. Oleh karenanya, pikirkanlah berbagai opsi yang dapat Anda ambil agar dapat menjalani WFH dengan produktif.

 

Bagaimana Anda bekerja di tengah keluarga di rumah

 

Jika tinggal sendirian, Anda tidak perlu memikirkan bagaimana perubahan kerja mempengaruhi orang-orang yang tinggal bersama. Namun, jika Anda tinggal dengan pasangan atau keluarga, pikirkanlah bagaimana dampak dari perubahan mode kerja Anda terhadap mereka. Bekerja secara WFH tidak akan hanya berdampak pada produktivitas Anda saja, tetapi juga orang-orang yang tinggal satu atap. Terlebih, apabila tidak memiliki ruangan khusus untuk bekerja dari rumah.

 

Jika Anda WFH secara permanen, pertimbangkan bagaimana dapat bekerja secara nyaman tanpa mengganggu keluarga. Anda juga bisa mendiskusikan hal ini dengan keluarga agar bisa menemukan solusi terbaik bagi Anda dan mereka.

 

Diskusikan bersama atasan mengenai SOP kerja

 

Bekerja secara WFH tentunya tidak sama dengan bekerja di kantor. Ada perubahan-perubahan tertentu yang diterapkan agar perusahaan tetap dapat berjalan sebagaimana mestinya. Untuk itu, coba berdiskusi dengan atasan Anda mengenai alur kerja yang efektif jika WFH permanen diterapkan.

 

Perusahaan mungkin telah menyediakan SOP tersendiri untuk WFH. Akan tetapi, atasan dan tim Anda tentunya memiliki alur kerja tersendiri. Luangkanlah waktu untuk berdiskusi mengenai bagaimana alur kerja jika WFH permanen mulai diterapkan. Hal tersebut berlaku mulai dari pembagian kerja, target kerja, hingga bagaimana pelaporan tugas.

 

Atur perlengkapan yang dibutuhkan untuk bekerja

 

Tentukan apakah Anda membutuhkan ruangan kerja khusus. Mungkin juga Anda membutuhkan meja kerja dan kursi yang nyaman untuk bekerja. Apapun itu, pertimbangkan perlengkapan apa saja yang dibutuhkan selama bekerja. Anda dapat memulai dengan memilih area kerja yang nyaman untuk WFH. Selanjutnya, pertimbangkan apakah perlu mengatur meja kerja dan area di sekitarnya agar dapat mengakomodasi kebutuhan kerja Anda.

 

Pertimbangkan opsi lain jika WFH permanen diberlakukan

 

Tidak semua orang bisa bekerja dari rumah, karena berbagai alasan. Untuk itu, Anda harus mempertimbangkan pilihan-pilihan lain yang bisa mengakomodasi kebutuhan kerja. Jika bekerja dari rumah tidak dapat dilakukan, Anda dapat pertimbangkan opsi untuk bekerja secara remote. Baik dari coworking space ataupun kafe. Tentunya hal itu dijalankan dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan yang berlaku.

 

Komunikasikan juga hal ini dengan atasan Anda. Ini penting agar Anda mendapatkan solusi terbaik tidak hanya untuk produktivitas, namun juga untuk keberlangsungan perusahaan. Jika pada akhirnya WFH permanen menjadi keputusan perusahaan, Anda harus siap untuk beradaptasi dengan berbagai perubahan yang mengikutinya.