Perhatikan Hal Ini Agar Wanita Karir Tetap Produktif

Last update on .

Di era modern, tak jarang kaum wanita yang memiliki dua peran penting dalam kehidupannya, yakni menjalani tugas dan tanggung jawab sebagai pekerja di suatu perusahaan, sekaligus menjadi istri dan ibu dalam keluarga. Anda tentu sering menemukan para wanita karir yang menjalani dua peran tersebut atau bahkan Anda berada dalam posisi tersebut.

 

Padatnya aktivitas sehari-hari dan tingginya mobilitas, kerap membuat para wanita karir terjebak dalam kebiasaan yang tidak sehat. Kalau sudah begini, tubuh menjadi tidak sehat dan performa pun menurun. Jadi, tak heran jika wanita karir menjadi kurang produktif karena sejumlah kebiasaan buruk tersebut. Jika Anda seorang wanita karir yang sibuk, namun ingin tetap dalam kondisi fit dan produktif, maka ada sejumlah tips ampuh yang dapat diterapkan.

 

Rutin Berolahraga

 

Padatnya kegiatan sehari-hari, membuat Anda sulit punya waktu untuk berolahraga. Tapi, hal ini bukanl alasan untuk tidak berolahraga. Tak perlu olahraga berat. Coba berjalan kaki di sekitar rumah, jalan dari parkiran ke gedung kantor, atau memilih untuk naik tangga ketimbang menggunakan lift. Hal tersebut sudah termasuk olahraga ringan yang baik untuk tubuh. Bisa juga melakukan stretching di sela-sela pekerjaan. Cukup luruskan punggung dan otot-otot yang kaku akibat terlalu lama duduk.

 

Mengelola Stres

 

Wanita karir juga erat kaitannya dengan rasa stres. Oleh karenanya, perlu kelola stres dengan baik. Misalnya, lakukan meditasi untuk melatih kesabaran, konsentrasi, dan ketahanan diri terhadap tekanan hidup. Selain itu, Anda juga dapat melakukan hobi dan usahakan untuk menikmati akhir pekan semaksimal mungkin. Sehingga pikiran Anda dapat lebih rileks dan makin produktif saat kembali bekerja.

 

Pola Tidur

 

Idealnya, orang dewasa berusia 18-64 tahun memerlukan waktu istirahat selama 7-8 jam sehari. Coba penuhi waktu tidur tersebut. Karena kurang tidur dapat menyebabkan stres lebih sering muncul. Waktu istirahat yang kurang, membuat Anda menjadi lebih sulit berkonsentrasi dan mudah lupa. Sesibuk apapun, usahakan untuk tetap memenuhi waktu tidur ya.

 

Pola Makan dan Nutrisi

 

Wanita karir juga harus memiliki pola makan teratur dan mencukupi kebutuhan nutrisi, termasuk vitamin dan mineral yang penting untuk fungsi tubuh. Sibuk bekerja boleh saja, tapi Anda harus tetap makan. Biasakan diri Anda untuk makan yang teratur, yaitu tiga kali dalam sehari. Dimulai dari sarapan sebelum jam 9 pagi, makan siang tepat waktu, dan makan malam sebelum jam 7 malam. Selain menjaga pola makan, Anda mesti perhatikan menu makanan yang dikonsumsi agar kebutuhan nutrisi pun ikut tercukupi. Pastikan Anda mengonsumsi makanan kaya akan karbohidrat, protein, serat, dan vitamin.