Tingkatkan Skill Komunikasi di Dunia Kerja

Last update on .

Penting bagi Anda untuk mengetahui cara meningkatkan skill komunikasi ketika bekerja agar dapat mendapatkan penilaian bagus dari lingkungan kerja. Dengan meningkatkan skill komunikasi, Anda berpeluang besar untuk memiliki karir yang sukses dalam bidang yang digeluti.

 

Oleh karenanya, jangan sampai skill komunikasi Anda berada dalam tingkatan yang rendah sehingga Anda tidak kesulitan untuk terus mengembangkan karir. Ada beberapa cara untuk meningkatkan skill komunikasi saat bekerja, berikut Karirgogo.com akan menjelaskan langkah-langkahnya kepada Anda.

 

Belajar Berbicara di Depan Banyak Orang

 

Jika Anda ingin meningkatkan skill komunikasi di tempat kerja, salah satu cara terbaik adalah dengan mencoba belajar berbicara di depan umum. Anda bisa saja menghambat karir sendiri jika enggan atau malu untuk berbicara di depan umum. Sebagian orang memang terkadang merasa malu ketika diminta untuk berbicara di depan umum. Padahal, itu adalah momen yang tepat untuk meningkatkan skill komunikasi. Tidak perlu merasa malu saat mempunyai kesempatan untuk berbicara di depan umum. Manfaatkan dengan baik momen tersebut agar skill komunikasi Anda meningkat secara perlahan-lahan.

 

Pelajari Dasar-Dasar Komunikasi Nonverbal

 

Penting untuk mempelajari dasar-dasar komunikasi nonverbal supaya orang lain di kantor dapat memandang Anda dengan nyaman saat Anda sedang berbicara. Saat sedang berbicara di depan umum, tatap mata semua orang yang menjadi audiens Anda. Gunakan postur tubuh yang tepat dan hindari gerakan-gerakan yang mengganggu seperti membungkuk. Pertahankan raut wajah yang menyenangkan. Jangan sampai memperlihatkan raut wajah yang muram sehingga tidak enak dilihat oleh orang lain.

 

Aktif Mendengar

 

Pembicara yang bagus berawal dari seseorang yang aktif mendengar. Semakin baik Anda mendengar, maka akan semakin baik Anda saat berkomunikasi. Dengarkan apa saja yang dibicarakan oleh rekan kerja di kantor. Pastikan Anda mendengarnya secara keseluruhan dan jelas sebelum memberikan respons kepadanya. Tanpa disadari, hal-hal seperti itu nantinya dapat meningkatkan skill komunikasi Anda secara perlahan di tempat kerja, bahkan di luar tempat kerja sekalipun.

 

Pahami Audiens

 

Salah satu hal yang penting bagaimana cara meningkatkan skill komunikasi di tempat kerja adalah dengan memahami audiens Anda. Setiap audiens mempunyai cara pandang dan preferensi yang berbeda-beda, sehingga Anda harus mempertimbangkan hal tersebut saat hendak melakukan komunikasi. Pahami audiens Anda dengan baik agar dapat menciptakan komunikasi yang harmonis.

 

Perluas Jaringan

 

Semakin Anda memperluas jaringan, maka Anda dapat meningkatkan skill komunikasi dengan berbagai orang, baik itu di dalam kantor maupun di luar kantor. Langkah tersebut akan membuat Anda semakin baik dalam meniti karir ke depannya. Selain bisa meningkatkan skill komunikasi karena banyak jaringan, Anda juga bisa mendapatkan wawasan yang luas dari berbagai orang yang dikenal.