Pakai Cara Ini untuk Jaga Hubungan Baik dengan Klien

Last update on .

Menjaga hubungan baik dengan klien adalah sebuah keharusan. Siapa pun yang bekerja bersama klien harus menjaga hubungannya agar tetap baik dan kuat. Manfaatnya tentu saja agar kerja sama yang terjadi bisa berlangsung lancar. Selain itu, hubungan baik ini juga bisa meningkatkan potensi adanya repeat order dari klien. Mari simak beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menjaga hubungan baik dengan mereka.

 

Bersikap Jujur

 

Kejujuran adalah hal utama yang harus dimiliki oleh setiap orang, termasuk dalam dunia kerja. Dengan berlaku jujur, Anda dapat menjaga kepercayaan dan hubungan baik dengan klien. Memang, ada saat-saat ketika Anda merasa sulit untuk jujur. Sebagai contoh, ketika sedang mengalami hambatan dalam proyek dengan klien tersebut. Jika Anda menyampaikan hambatan tersebut dengan jujur kepada klien, reputasi memang bisa saja menurun. Namun, klien akan menghargai kejujuran Anda. Bahkan klien akan memahami dan berpotensi membantu mengatasi hambatan tersebut.

 

Memahami Klien

 

Sebelum memulai kerja sama dengan klien, ada baiknya Anda memahami karakteristik dan seluk-beluk klien. Seluk-beluk di sini ialah mengetahui latar belakang dan tipe klien. Pahami apa saja yang menjadi perhatian utamanya.

 

Komunikasi yang Baik

 

Lazimnya, Anda tidak akan sering bertemu tatap muka dengan klien. Bisa saja Anda hanya bertemu satu-dua kali atau bahkan tidak pernah bertemu sama sekali. Oleh karenanya, kalian hanya bisa mengandalkan jalur komunikasi yang ada, seperti telepon, chat, dan video call. Manfaatkan jalur komunikasi tersebut untuk menjaga hubungan baik dengan klien. Anda dapat bertanya dan memberi update secara berkala terkait dengan perkembangan proyek. Hindari menjawab pesan dalam waktu yang lama, apalagi jika hal yang klien sampaikan merupakan hal yang benar-benar penting dan urgent.

 

Melebihi Ekspektasi

 

Anda dan klien tentu sudah membuat kesepakatan tentang deadline dan tujuan dari proyek yang akan dibuat. Namun akan ada saat-saat ketika Anda dapat mengusahakan hal-hal yang lebih dari ekspektasi klien. Anda juga bisa memberikan hasil yang lebih dari apa yang telah kalian sepakati selama klien menyukainya. Hal ini akan menumbuhkan dan menjaga hubungan baik antara Anda dengan klien. Lebih dari itu, Anda  dilihat selalu ingin memberikan yang terbaik demi kepuasan klien.