Kemampuan yang Harus Dimiliki Seorang Product Manager

Last update on .

Product manager adalah suatu profesi yang bertugas untuk melakukan pengembangan produk dan bertanggung jawab atas keberhasilan produk tersebut. Profesi ini memiliki tujuan untuk memaksimalkan penjualan serta pendapatan lewat produk-produk yang telah dikembangkan.

 

Kepemimpinan seorang product manager bersifat lintas fungsional karena hampir bekerja dengan banyak orang, terutama dengan tim teknologi, bisnis, dan user experience. Ada banyak skill yang harus dimiliki oleh profesi yang satu ini. Berikut adalah beberapa soft skill dan hard skill dari seorang product manager yang telah Karirgogo.com rangkum:

 

Komunikasi

 

Profesi ini memang akan berkomunikasi dengan banyak orang dalam melakukan pengembangan produk. Skill komunikasi yang efektif penting dimiliki oleh seorang product manager. Sebab, profesi ini akan berkomunikasi dengan berbagai tim, seperti tim pemasaran, produk, keuangan, desain, hingga teknologi. Dapat dikatakan profesi ini adalah individu yang memiliki banyak sisi. Mereka harus pandai dalam berkomunikasi dengan berbagai macam orang dengan background yang berbeda.

 

Riset dan analisis

 

Tugas dari product manager adalah untuk menganalisis perkembangan produk serta melakukan riset terhadap pasar. Dengan begitu, penting untuk mengetahui kemampuan riset dan analisis yang kuat. Tanpa adanya kemampuan riset dan analisis yang kuat, besar kemungkinan seorang product manager akan sulit untuk membuat product roadmap yang baik. Hal tersebut tentu akan berakibat fatal terhadap perkembangan produk dari suatu perusahaan.

 

Pemikiran strategis

 

Pemikiran strategis juga sangat penting untuk dimiliki, karena profesi ini harus memikirkan estimasi berapa banyak waktu yang diperlukan dalam setiap tahap produksi. Tidak hanya itu, ia harus pandai dalam merumuskan strategi untuk mengendalikan biaya dan mengelola risiko di sepanjang jalannya produksi. Product manager harus bekerja dengan penuh kehati-hatian lewat strategi yang mereka bangun dari awal hingga akhir produksi. Dengan begitu, penting untuk memiliki kemampuan pemikiran strategis yang kuat agar tidak salah langkah.

 

User experience

 

Tidak hanya melakukan riset pasar saja. Sebisa mungkin profesi ini harus dekat dengan user atau pengguna. Sebab, tugasnya tidak hanya berhenti ketika produk sudah diterima oleh user. Ia harus mengumpulkan feedback dari user setelah menggunakan produk atau layanan. Hal tersebut dilakukan supaya user tetap loyal dengan produk yang sudah dibuat.

 

Selain sederet skill di atas, pengetahuan yang harus didalami oleh product manager adalah:

 

Pengetahuan dasar bisnis

 

Penting untuk mengetahui dasar-dasar bisnis karena profesi ini akan bersinggungan langsung dengan istilah-istilah bisnis.

 

Pengetahuan dasar ekonomi

 

Selain itu, penting juga untuk mengetahui dasar-dasar ekonomi. Karena nantinya dalam keberlangsungan pengembangan produk ada berbagai masalah terkait ekonomi, seperti banyaknya permintaan produk, kurangnya anggaran, dan sebagainya.

 

Pengetahuan dasar teknologi

 

Karena profesi ini juga bersinggungan dengan tim teknologi, ada baiknya untuk mempelajari dasar-dasar dari coding, programming, dan sejenisnya.