Begini Karir dan Tanggung Jawab Product Manager

Last update on .

Sebuah produk tidak akan disukai oleh masyarakat jika tidak dikembangkan dengan baik sejak awal. Dalam mengembangkan produk, terdapat berbagai macam langkah yang harus dilakukan. Hal tersebut bisa terdiri dari menemukan ide-ide, menentukan tujuan bisnis, hingga mengetahui permasalahan pengguna. Product manager hadir untuk mengemas semua langkah tersebut agar dapat membuat produk semakin disukai oleh masyarakat. Sehingga product manager dapat dibilang menjadi salah satu profesi yang sedang banyak diminati saat ini.

 

Product manager adalah suatu profesi yang bertugas untuk melakukan pengembangan produk dan bertanggung jawab atas keberhasilan produk tersebut. Profesi ini memiliki tujuan untuk memaksimalkan penjualan serta pendapatan lewat produk-produk yang telah dikembangkan. Seiring dengan perkembangan teknologi, profesi ini tampak semakin dicari oleh banyak perusahaan.

 

Di tahap awal, profesi ini bertugas untuk menyampaikan ide-ide yang cemerlang dan unik dalam menciptakan sebuah produk. Ia juga harus mengamati perkembangan ide tersebut sampai pada akhirnya produk yang diciptakan dapat dinikmati oleh pelanggan atau pengguna. Secara umum, product manager mempunyai tanggung jawab yang sangat luas. Sebab, ia harus berdiri di antara tiga koridor utama, yakni teknologi, bisnis, dan UX (user experience).

 

Secara garis besar, inilah tanggung jawab yang harus dilakukan oleh seorang product manager:

 

  1. Mengetahui kebutuhan pelanggan melalui riset pasar
  2. Mengembangkan ide produk dan menilai ide-ide tersebut untuk keberlangsungan pasar
  3. Berkomunikasi dengan tim sales, marketing, teknologi, dan produk dalam melangsungkan proses pengembangan produk
  4. Membuat perkiraan dan analisis penjualan produk jangka panjang dan jangka pendek
  5. Menentukan harga produk sesuai dengan penelitian pasar, biaya produk, dan perkiraan permintaan produk
  6. Membawa produk baru ke pasar lewat analisis pengembalian investasi