Kenali Manajemen Perusahaan Berbasis Konsep Kepemimpinan Terdistribusi

Last update on .

Jenis manajemen perusahaan baru terus tercipta, salah satunya adalah shared leadership. Seperti namanya, konsep manajemen ini berdasarkan pembagian kepemimpinan, sehingga para karyawan dapat lebih terlibat dalam mengusulkan ide dan membuat keputusan bagi perusahaan.

 

Shared leadership adalah konsep kepemimpinan yang bertujuan memaksimalkan sumber daya manusia dalam sebuah perusahaan atau organisasi seoptimal mungkin. Hal ini dicapai dengan memberikan setiap individu yang tergabung kesempatan untuk mencoba memimpin di bidang keahliannya masing-masing.

 

Shared leadership menjadi semakin populer karena kini pasar telah semakin dinamis dan kompleks. Hal itu tentu membuat kepemimpinan oleh satu orang saja menjadi semakin menantang. Shared leadership memang cukup rumit, namun sering kali efektif dan berhasil. Dalam konsep ini, Anda dapat memiliki kesempatan lebih besar untuk beropini dan berperan lebih banyak dalam membuat keputusan. Setidaknya ada tiga dasar yang perlu dipahami dalam shared leadership, yakni:

 

Tujuan bersama

 

Seluruh anggota tim harus memahami tujuan yang perlu dicapai bersama-sama. Dengan begitu, mereka bisa menghargai tujuan utama yang perlu diupayakan dengan proyek tim dan memastikan bahwa semua anggota bekerja sama ke arah tersebut.

 

Dukungan sosial

 

Dasar selanjutnya dalam shared leadership adalah dukungan sosial, karena konsep ini tidak akan berhasil tanpa dukungan dari masing-masing anggota tim pada anggota lainnya. Semua orang yang terlibat dalam suatu proyek harus memberi semangat dan menghargai kontribusi setiap individu yang ada.

 

Memberi ide

 

Shared leadership mengutamakan insisiatif para individu yang terlibat dalam suatu tim untuk memberi masukan dan ide. Sehingga tercipta interaksi yang baik antara pihak manajemen dengan para pekerja maupun sebaliknya.

 

Shared leadership memberikan dampak positif terhadap cara sebuah perusahaan beroperasi. Ketika seorang karyawan merasa dihargai dan diberi kesempatan untuk berperan sesuai dengan keahliannya alih-alih menunggu diberi perintah, produktivitas dan kepuasan kerja bisa meningkat tajam. Selain itu, jika karyawan merasa mereka bisa memberi dampak bagi perusahaan dan memiliki tanggung jawab lebih, mereka akan merasa lebih termotivasi untuk mencapai kesuksesan. Secara umum, shared leadership menjadi salah satu cara yang tepat untuk meningkatkan kinerja karyawan.