Solusi Atur Finansial di Masa Pandemi Bagi Freelancer

Last update on .

Freelancer memang bukan pekerjaan tanpa risiko. Masa pandemi, dapat menjadi salah satu masa sulit yang dihadapi oleh banyak orang, tak terkecuali bagi para freelancer. Jika Anda seorang freelancer, tentu membutuhkan tips dalam mengatur keuangan saat pandemi. Karena kemungkinan besar beberapa proyek dan rencana yang sudah disusun dengan rapi, bisa jadi dibatalkan dan berimbas pada menurunnya pemasukan. Namun, Anda tenang dulu, karena Karirgogo.com akan memberikan beberapa langkah yang dapat membantu melewati masa-masa krisis ini.

 

Evaluasi Pengeluaran

 

Hal pertama yang harus dilakukan dalam mengatur keuangan freelancer saat pandemi adalah mengevaluasi pengeluaran. Di satu sisi, pemasukan Anda menurun. Namun, di sisi lainnya, pengeluaran tetap atau malah bertambah banyak. Ini menjadi saat yang tepat untuk mengatur keuangan untuk semua hal. Misalnya, ganti kebiasaan membeli kopi menjadi membuat kopi sendiri. Jangan lupakan pengeluaran untuk membayar pajak atau utang yang dimiliki.

 

Pakai Dana Darurat

 

Langkah selanjutnya adalah penggunaan dana darurat. Karena ini adalah keadaan darurat, tentu sah saja menggunakan dana darurat. Gunakan dana darurat ini seperlunya saja, yang penting Anda tetap bisa makan, menjaga kesehatan, dan beraktivitas. Anda tentu sudah memiliki tabungan dana darurat. Apabila belum, uang yang tadi sudah Anda sisihkan dari pengeluaran harian, dapat digunakan sebagai tambahan dana darurat.

 

Cari Pemasukan Lain

 

Masa pandemi merupakan saat yang tepat untuk mencari pemasukan tambahan. Jika memiliki aset, mungkin Anda dapat membuka penyewaannya. Namun ada hal sederhana lain yang dapat dilakukan, misalnya menjual barang yang sudah tidak digunakan, hingga menjadi tutor secara online, karena dapat menjadi alternatif pemasukan Anda. Dengan memiliki pemasukan tambahan, tentu Anda merasa lebih tenang.

 

Diskusi Bersama Sesama Freelancer

 

Bergabung dengan komunitas dan mengobrol soal sulitnya mengatur keuangan freelancer saat pandemi, sedikit banyak akan membantu. Bisa jadi teman-teman di komunitas sedang memiliki proyek yang dapat menambah pemasukan. Mungkin juga, ada beberapa lowongan pekerjaan freelance yang mereka tawarkan. Dengan mengobrol dengan komunitas, Anda tak hanya memperoleh solusi, tapi juga berpotensi mendapatkan penghasilan tambahan.