Membangun Networking untuk Para Freelancer

Last update on .

Sebagai seorang freelancer, tentunya perlu kemampuan untuk membangun sebuah networking. Padatnya persaingan dalam dunia kerja membuat banyak orang akhirnya memilih menjadi freelancer. Selain tidak memiliki keterikatan dengan perusahaan, profesi ini juga memiliki kebebasan waktu dalam bekerja.

 

Freelancer merupakan sebuah profesi yang penuh ketidakpastian. Berbeda dengan pekerja kantoran, seorang freelancer memiliki tantangan tersendiri dalam membangun karirnya. Sebenarnya, prospek kerja seorang freelancer cukup bagus. Meski demikian, ada faktor selain kualitas yang dapat mempengaruhi karirnya, salah satunya adalah networking. Oleh karena itu, Karirgogo.com memberikan beberapa tips membangun networking bagi Anda yang berprofesi sebagai freelancer.

 

Mengikuti Forum

 

Seorang freelancer wajib untuk aktif dalam keterlibatannya dalam sebuah forum atau event. Hal ini dikarenakan melalui sebuah event, Anda dapat berkesempatan untuk menunjukkan kemampuan yang dimiliki. Anda dapat bertemu dengan calon klien ketika mengikuti forum yang sesuai.

 

Tak hanya itu, Anda juga dapat memamerkan keahlian yang dimiliki dengan menjadi bagian dari event tersebut. Banyak juga kegiatan-kegiatan yang membuka kesempatan untuk menjadi bagian di dalamnya. Akan lebih baik apabila event yang didatangi adalah justru sebuah pameran. Karena melalui pameran, Anda akan berkesempatan untuk bertemu pebisnis di sebuah industri.

 

Memperbanyak Portofolio

 

Sebagai seorang freelancer, tentu jumlah pekerjaan yang Anda dapat juga bergantung pada kualitas karya. Maka, Anda harus memperbanyak dan mempercantik portofolio yang dimiliki. Dengan portofolio yang dimiliki, peluang Anda untuk mendapat koneksi dengan dan klien baru akan lebih besar. Hal ini berguna bagi Anda yang ingin membangun networking untuk freelancer.

 

Gunakan Media Sosial

 

Memiliki portofolio yang bagus tanpa menyebarkannya juga bukanlah hal yang baik. Di era seperti ini, penggunaan media sosial sudah menjadi hal yang umum. Anda dapat memanfaatkan berbagai sosial media untuk menyebarkan portofolio. Tak hanya itu, sosial media juga memungkinkan Anda menjalin networking. Anda bisa menyapa orang-orang inspiratif melalui sosial media. Melalui hal ini, Anda dapat menambah koneksi baru dan memiliki peluang memperluas networking.

 

Bergabung dengan Network yang Ada

 

Dalam membangun networking untuk freelancer, Anda tidak perlu membuat suatu network baru. Anda bisa bergabung dengan network yang sudah ada sebelumnya. Hal ini bisa dilakukan salah satunya dengan aktif di berbagai komunitas. Melalui komunitas, Anda dapat menghadiri berbagai kegiatan yang diadakan. Komunitas memungkinkan Anda bertemu dengan orang dari berbagai latar belakang. Sehingga hal ini dapat menjadi momen yang tepat untuk mengembangkan networking Anda.

 

Manfaatkan Co-Working Space

 

Keuntungan menjadi seorang freelancer salah satunya adalah dapat bekerja di manapun. Hal ini memungkinkan Anda untuk bekerja berpindah dari satu tempat ke tempat lainya dengan bebas. Selain di coffee shop, Anda juga bisa, memanfaatkan co-working space. Langkah ini memungkinkan kondisi kerja yang lebih kondusif, dan Anda bisa bertemu dengan freelancer lainya. Jangan malu untuk menyapa dan saling berbagi pengalaman demi membangun networking untuk seorang freelancer.

 

Jangan Ragu Promosikan Diri

 

Aspek yang tak kalah pentingnya dalam membangun networking untuk freelancer adalah untuk aktif mempromosikan diri Anda. Mulai promosikan apa yang Anda kerjakan melalui berbagai medium yang tersedia.