Cara Mencari Mentor di Tempat Kerja

Last update on .

Meninggalkan dunia perkuliahan dan masuk ke dunia kerja bukan berarti kita meninggalkan proses pembelajaran. Dalam tempat kerja pun Anda tetap harus belajar dari siapapun untuk memperdalam diri dari segi profesionalitas dan karir.

 

Untuk belajar di tempat kerja Anda juga dapat mencari mentor yang pastinya sudah memiliki jam terbang yang tinggi. Dengan pengalaman-pengalamannya, Anda pasti bisa terinspirasi untuk belajar lebih baik ke depannya.

 

Proses mencari mentor memang tidak dapat diburu-buru, karena Anda harus menganalisa serta mengamati siapa saja yang bisa dijadikan mentor. Seorang mentor bisa datang dari rekan kerja, teman  kerja tidak sekantor, komunitas, bahkan teman sekolah yang sudah lama tidak berhubungan.

 

Jika Anda sudah menentukan orang yang sekiranya cocok untuk dijadikan mentor di lingkup kantor, Anda masih perlu mencatat beberapa poin lagi sebelum menjadikannya seorang mentor. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan dalam mencari mentor di lingkungan kantor.

 

  • Orang yang Anda pilih setidaknya sudah memiliki pengalaman yang lebih lama dari Anda sehingga Anda dapat belajar lebih banyak.
  • Carilah seseorang yang sangat menguasai bidang yang ia kerjakan saat ini dan yang paling penting adalah sikapnya yang profesional dan memiliki sikap yang baik.
  • Seorang mentor sudah seharusnya memiliki sikap yang tegas. Jangan sampai mentor yang Anda tunjuk punya sikap sungkan yang akhirnya tidak bisa memberikan kritik yang objektif. Tanpa kritik yang objektif, perkembangan karir Anda tidak akan kemana-mana karena tidak ada input positif sebagai bahan pembelajaran.
  • Problem solving skill merupakan soft skill wajib yang dimiliki oleh seorang mentor. Jika suatu saat Anda butuh bantuan untuk menyelesaikan sebuah masalah dalam pekerjaan, Anda dapat belajar darinya. Jangan belajar dari seseorang yang melempar masalah ke orang lain. Melempar masalah ke orang lain bukan sebuah jalan keluar dari penyelesaian sebuah masalah.

 

Selain itu, ada sejumlah perusahaan menawarkan program mentoring untuk pegawai baru. Jika perusahaan yang Anda tempati memiliki program ini, ada baiknya Anda gunakan sebaik-baiknya. Biasanya program mentoring yang difasilitasi perusahaan berbentuk konseling. Sudah pasti mentoring yang dilakukan ini bersifat formal. Tidak ada salahnya untuk mencoba, karena orang yang dipilih untuk melakukan mentoring pasti sudah terbukti kapabilitasnya.