Hal yang Berpotensi Menghambat Perkembangan Karir

Last update on .

Setiap orang pasti ingin memiliki perkembangan karir yang mulus. Akan tetapi, pasti akan selalu ada hambatan yang akan muncul. Perkembangan karir sendiri adalah proses untuk membentuk identitas dalam pekerjaannya. Prosesnya sendiri biasanya memakan waktu selama bertahun-tahun atau bahkan seumur hidup. Bagaimana dengan aspek-aspek yang bisa menghambat karir? Berikut Karirgogo.com memberikan penjelasannya.

 

Karakter Pribadi

 

Karakter seseorang sangat menentukan perkembangan karirnya di masa depan. Hal yang satu ini juga sangat berpengaruh dengan kesuksesannya di dalam dunia kerja. Dapat dibayangkan jika seseorang memiliki karakter yang keras kepala, malas, mudah menyerah, hingga tidak bisa diatur pasti akan memiliki perkembangan karir berbeda dengan orang berkarakter lebih positif.

 

Ketika Anda memiliki karakter yang buruk, pastinya rekan kerja juga akan malas untuk membantu. Bahkan, Anda akan dihindari dan tidak dihormati oleh orang lain. Oleh karenanya, selalu perbaiki diri dan miliki karakter yang lebih baik agar perkembangan karir Anda lebih lancar.

 

Masalah Keuangan

 

Perkembangan karir juga dapat terhambat dengan adanya masalah finansial. Dalam mengejar karir tentunya dapat saja membutuhkan uang dalam jumlah yang tidak sedikit. Sebenarnya hal itu bisa diakali dengan mencari beasiswa. Akan tetapi, untuk mendapatkan beasiswa tentunya bukanlah hal yang mudah. Oleh karenanya, masalah keuangan bisa menjadi salah satu hambatan terbesar dalam proses pengembangan karir.

 

Namun, perlu diingat bahwa tidak selamanya keuangan bisa menjadi halangan. Menabung adalah salah satu pilihan yang bisa menyelesaikan masalah ini. Maka dari itu, pentingnya memiliki tabungan harus kalian tanamkan dalam kehidupan sejak dini.

 

Kurangnya Networking

 

Perkembangan karir juga dapat terhambat saat Anda tidak memiliki networking yang luas. Memang tidak bisa dipungkiri bahwa networking sangatlah penting untuk urusan karir. Fokus menyelesaikan pekerjaan saat di kantor memang hal yang perlu dilakukan. Namun Anda tidak boleh melupakan pentingnya memiliki networking yang luas.

 

Hal paling simpel dari memulai upaya networking yaitu dengan mengenal seluruh rekan kerja di kantor. Lalu Anda juga dapat ikut forum atau seminar untuk menambah kenalan di luar kantor. Ada banyak sekali manfaat dari memiliki networking yang luas. Tidak hanya mampu melancarkan urusan perkembangan karier saja, tapi juga dapat menambah pengetahuan.

 

Tidak Mendapatkan Dukungan dari Keluarga

 

Saat membutuhkan dukungan, keluarga tentu akan menjadi orang-orang pertama yang melakukannya. Mereka akan senantiasa mendukung kita dengan loyal kapan pun waktunya. Sayangnya tidak semua keluarga selalu memberikan dukungan pada karir yang kita pilih.

 

Masih banyak orang tua yang hanya ingin anaknya menuruti keinginan mereka, hal ini akhirnya membatasi pilihan karir anak-anaknya. Itulah mengapa sangat penting untuk mendapat dukungan dari keluarga dalam memilih jenis karir yang diinginkan. Yakinkan dan berikan pengertian kepada orang tua mengenai tujuan karir yang Anda inginkan.

 

Tidak Mempunyai Mentor yang Baik

 

Perkembangan karir pasti akan terhambat jika Anda tidak bisa menemukan seorang mentor yang bisa membimbing dengan baik. Mendekati seorang senior untuk dijadikan mentor bisa dilakukan secara informal seperti bertemu di sebuah cafe. Asalkan senior Anda memiliki waktu dan mau memberikan mentoring padamu tanpa paksaan, tentunya Anda dapat mendapatkan banyak sekali ilmu baru darinya.