Inilah Tanda-tanda Sudah Nyaman WFH

Last update on .

Sejak pandemi melanda banyak wilayah di dunia, sebagian besar perusahaan sudah menjalankan kebijakan Work From Home (WFH) selama lebih dari enam bulan. Setelah menjalankan WFH selama waktu yang cukup lama tersebut, tentu Anda merasakan perubahan terhadap pola kerja. Apakah Anda merasakan tanda-tanda mulai nyaman menjalani WFH? Karirgogo.com akan mengenalkan sejumlah indikatornya.

 

Anda menjadi lebih produktif

 

Sebagian orang merasa lebih tenang bekerja dari rumah karena dapat tetap dekat dengan keluarga. Dengan demikian, mereka dapat memfokuskan diri pada pekerjaan mereka sehingga produktivitas pun meningkat.

 

Selain itu, ada beberapa tipe kepribadian yang akan lebih produktif jika bekerja sendirian tanpa ada gangguan dari sekitar. Jika Anda dapat bekerja dengan baik meskipun berada di rumah, itu tandanya Anda sudah mulai nyaman melakukan WFH.

 

Tidak masalah dalam melakukan meeting online

 

WFH memiliki beberapa kekurangan. Di antaranya, Anda tidak dapat melakukan meeting tatap muka dengan rekan kerja atau klien. Bekerja dari rumah membuat hampir semua hal menjadi digital, termasuk meeting. Sayangnya, ketika meeting online Anda harus membatasi diri dalam berdiskusi agar tagihan listrik dan internet tidak membengkak.

 

Meeting melalui online lebih nyaman, karena tidak ada tekanan untuk harus berbicara di depan orang banyak secara langsung. Anda pun dapat mengevaluasi bagaimana kondisi kerja Anda mempengaruhi hubungan dengan atasan dan rekan kerja setelah menjalani WFH selama beberapa bulan.

 

Anda dapat menyeimbangkan pekerjaan rumah dengan urusan pekerjaan

 

Ketika bekerja dari rumah, Anda tidak hanya terfokus pada pekerjaan, tetapi juga pekerjaan di rumah. Hal itu meliputi membersihkan rumah, mencuci baju, hingga memasak makanan sendiri. Bagi sebagian orang, ini adalah tantangan karena tidak ada batasan antara waktu untuk bekerja dan waktu untuk pribadi selama bekerja dari rumah.

 

Bekerja dari rumah membuat Anda tidak perlu terikat dengan formalitas yang ada di kantor. Anda tidak perlu mengenakan baju kerja yang formal, bahkan mengenakan makeup. Jika Anda dapat menyeimbangkan waktu pekerjaan dan waktu pribadi selama bekerja dari rumah, berarti itu tandanya Anda sudah mulai nyaman melakukan WFH.