Pahami Pengertian Telecommuting bagi Pekerja

Last update on .

Bekerja dengan sistem jarak jauh belakangan ini tengah jadi solusi bekerja di dunia. Salah satu bentuk kerja jarak jauh tersebut adalah telecommuting. Istilah telecommuting sering kali dikaitkan dengan seorang pekerja yang fleksibel dalam mengerjakan tugasnya. Sebab, ia dapat melakukannya di mana saja, baik di coworking space, restoran, atau bahkan dari rumah sekalipun. Sistem kerja yang satu ini tentu mengundang banyak tanya bagi kebanyakan orang. Pasalnya, sistem ini juga menawarkan beragam keuntungan. Berikut Karirgogo.com akan menjelaskannya kepada Anda.

 

Telecommuting adalah sistem kerja yang mengedepankan fleksibilitas, di mana para karyawannya dapat bekerja dari luar kantor. Terkadang karyawan dapat bekerja dari rumah atau di beragam tempat yang berada di dekat kantor maupun rumah. Dalam hal komunikasi, antara karyawan dan perusahaan biasanya mengandalkan teknologi dengan menggunakan email dan telepon.

 

Sejumlah industri biasanya menerapkan sistem telecommuting untuk posisi-posisi tertentu. Ada beberapa posisi yang biasanya dapat diberlakukan sistem telecommuting, seperti IT analyst, virtual assistant, dan sebagainya. Di Indonesia sendiri sudah ada beberapa perusahaan yang menerapkan sistem kerja seperti ini agar karyawan dapat bekerja secara efektif dan efisien. Banyak yang beranggapan bahwa kerja dengan sistem telecommuting sangat menguntungkan karena tidak harus datang ke kantor setiap hari.

 

Sistem ini menyimpan berbagai macam keuntungan yang akan didapatkan oleh karyawan, di antaranya adalah:

 

Fleksibilitas tinggi

 

Sistem telecommuting akan membuat karyawan akan lebih fleksibel dalam menyelesaikan pekerjaan, karena dapat bekerja di mana saja yang dirasa nyaman. Sistem telecommuting juga memungkinkan karyawan untuk bekerja sambil melakukan kegiatan lain di luar pekerjaan. Fleksibilitas jam dan tempat kerja menjadi keuntungan yang besar dari telecommuting.

 

Hemat uang

 

Telecommuting tidak mewajibkan karyawannya untuk pergi ke kantor sehingga membuat mereka dapat menghemat uang transportasi. Di sisi lain, hal ini juga berguna bagi perusahaan karena tidak harus mengeluarkan tunjangan transportasi harian untuk karyawannya.

 

Kepuasan bekerja

 

Dengan telecommuting, kepuasan kerja dari karyawan juga meningkat tinggi karena mereka dapat menjalankan work-life balance dengan baik. Sehingga, kemungkinan besar karyawan akan menyelesaikan pekerjaan dengan senang hati.