Jalani Masa Probation? Jangan Lupa Lakukan Hal Ini!

Last update on .

Probation dianggap oleh sebagian karyawan baru sebagai periode yang menegangkan. Probation adalah periode bagi seorang karyawan ketika ia baru bergabung dengan sebuah perusahaan. Dalam masa probation, perusahaan akan melihat dan mengevaluasi apakah karyawan tersebut sesuai dengan pekerjaan dan budaya perusahaan.

 

Biasanya probation dilakukan selama tiga bulan. Namun, aturan ini kembali lagi pada kebijakan setiap perusahaan. Jika seorang karyawan baru lulus probation, ia baru akan menjadi karyawan tetap secara sah. Mari simak beberapa tips lulus probation yang sudah Karirgogo.com siapkan untuk Anda!

 

Menciptakan Kesan Pertama yang Baik

 

Probation merupakan waktu yang tepat untuk menciptakan kesan pertama yang baik. Anda bisa bersikap ramah, terbuka, aktif, dan bertanggung jawab pada masa probation. Dengan menciptakan kesan pertama yang baik, orang akan mengenal Anda sebagai seseorang yang baik pula. Anda pun akan dengan mudah bersosialisasi dan bekerja sama dengan rekan-rekan kerja yang lain. Perlu diingat bahwa apa pun yang Anda lakukan selama probation, akan menjadi penilaian oleh HRD dan atasan.

 

Membangun Networking

 

Membangun networking sangat berguna bagi seseorang yang sedang dalam periode probation. Tidak hanya berguna saat probation. Membangun networking juga akan memberi manfaat yang sangat baik ketika kelak Anda sudah menjadi karyawan tetap. Anda dapat mulai berkenalan dengan rekan satu tim maupun dengan tim lainnya. Anda juga bisa berkenalan pada situasi informal, seperti jika Anda bertemu karyawan lain saat sedang makan siang di kantin. Dengan begitu, Anda dapt bekerja sama dengan banyak orang. Dan jika membutuhkan bantuan, Anda pun tahu harus bertemu dengan siapa.

 

Jangan Malu Bertanya

 

Tanyakan hal-hal yang belum Anda ketahui pada rekan kerja atau atasan. Jadi, Anda tidak akan mati gaya dan salah langkah ketika menjalani probation. Selain itu, jangan takut untuk menanyakan feedback kinerja kepada atasan, agar Anda dapat terus berkembang dan memperbaiki kesalahan.

 

Bersikap Proaktif

 

Seorang karyawan bukanlah sebuah robot yang hanya menjalankan apa yang diperintahkan atasannya. Sebagai karyawan harus proaktif mengemukakan gagasan, menciptakan ide menarik, dan melakukan tindakan yang memajukan perusahaan. Atasan akan menyukai karyawannya yang proaktif.

 

Profesional

 

Profesionalisme merupakan hal yang sangat penting di dunia kerja. Anda akan mendapatkan kepercayaan, tanggung jawab, networking, hingga kesuksesan dengan menjadi seseorang yang profesional. Anda juga perlu meningkatkan profesionalisme selama periode probation. Hal itu dapat Anda lakukan ketika terus mengevaluasi poin-poin profesionalisme yang telah dilakukan.

 

Manajemen Waktu

 

Sebagai seseorang yang baru di sebuah perusahaan, Anda mungkin saja kaget dengan work load yang diberikan. Maka, lakukanlah manajemen waktu sebaik-baiknya. Tidak masalah jika dalam beberapa hari pertama Anda keteteran akan pekerjaan. Namun, jangan sampai hal tersebut terus terjadi dalam jangka waktu yang lama. Atur waktu Anda sebaik mungkin agar semua pekerjaan dapat selesai tepat waktu.