Kenali Beda Marketing Analysis dan Market Research

Last update on .

Tentu Anda pernah mendengar posisi pekerjaan sebagai marketing analysis dan market research. Memang kedua posisi tersebut memiliki ruang lingkup yang serupa, namun sebenarnya terdapat perbedaan. Dalam setiap perusahaan, penting untuk memiliki staf yang dapat memantau pasar, guna membangun produk agar lebih baik di masa depan. Oleh karenanya, peran dari marketing analysis dan market research dirasa cukup penting untuk hal tersebut.

 

Meskipun kedua hal ini sama-sama melakukan penelitian dan analisis terhadap pasar, namun ada perbedaan yang mendasar antara marketing analysis dan market research. Perbedaan yang mendasar antara keduanya ialah market research merupakan bagian dari marketing analysis. Jika marketing analysis jangkauannya lebih luas dalam menganalisis pasar, kompetitor, konteks bisnis serta para customer. Sedangkan, market research lebih fokus kepada target pasar dan juga pelanggan tertentu.

 

Marketing Analysis

 

Marketing analyst merupakan suatu profesi yang bertanggung jawab mempelajari kondisi pasar, menganalisis kompetitor, dan mempelajari perilaku konsumen dengan tujuan untuk penjualan produk. Dari marketing analysis, perusahaan akan mengetahui produk apa yang diminati oleh pasar, berapa harga yang pas, serta di mana pasarnya.

 

Selain itu, marketing analysis juga mempunyai peran untuk mengumpulkan data yang masih mentah terkait jumlah kompetitor, tren pasar, dan sebagainya. Selanjutnya, data tersebut diolah dengan sedemikian rupa supaya perusahaan dapat menentukan strategi yang terbaik untuk meluncurkan produk mereka.

 

Market Research

 

Market research merupakan bidang yang mengumpulkan informasi terkait karakter pelanggan dan target audiens. Dengan kata lain, market research lebih berfokus kepada analisis pelanggan dan pasar tertentu. Hal ini dilakukan untuk menentukan seberapa layak produk atau layanan akan dijual kepada para pelanggan tersebut.

 

Hal ini tentu berbeda dengan marketing analysis yang lebih berfokus kepada analisis secara umum, seperti kompetitor, pasar perusahaan, dan sebagainya. Namun, marketing analysis dan market research memang berjalan saling beriringan untuk membangun sebuah perusahaan.