Lakukan Deretan Hal Ini Supaya Disukai Teman Kerja

Last update on .

Sebenarnya ada banyak cara yang dapat dilakukan agar kita disukai oleh teman kerja. Memiliki hubungan yang baik dengan teman kerja pasti akan membuat kehidupan Anda di kantor akan terasa lebih menyenangkan. Bahkan, persahabatan di antara karyawan akan meningkatkan kepuasan bekerja dan akan lebih produktif.

 

Memiliki teman di tempat kerja adalah keharusan karena akan membuat Anda semakin betah di kantor dan lebih semangat mengerjakan pekerjaan. Jadi bagaimana caranya agar dapat disukai teman kerja? Ayo simak beberapa cara yang telah dirangkum oleh Karirgogo.com untuk Anda!

 

Cari Hal yang Bisa Mendekatkan Anda dan Teman Kerja

 

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan agar disukai teman kerja yaitu mencari hal yang sama-sama kalian sukai. Misalnya saja, teman kerja Anda memiliki hobi nonton film. Maka Anda dapat mencoba mendekatinya dengan mengajaknya berdiskusi seputar film. Jika kalian sudah merasa lebih dekat, cobalah untuk mengajaknya nonton film bersama di bioskop.

 

Untuk mencari tahu hal yang bisa mendekatkan Anda dengan teman kerja memang gampang-gampang susah. Anda mencoba lebih dekat bersama teman kerja dengan mengajaknya makan siang atau nongkrong setelah bekerja. Ajaklah teman Anda untuk ngobrol tentang hal apa pun. Barulah Anda dapat menanyakan apa hal-hal yang disukainya. Jika mereka memiliki minat yang sama dengan Anda, tentunya kalian akan lebih mudah akrab.

 

Selalu Bersikap Sopan

 

Jika ada teman kerja yang suka seenaknya sendiri dan tidak tahu sopan santun, pastinya Anda juga tidak akan merasa nyaman saat berada di dekatnya. Jadi sangatlah penting untuk selalu menjaga etika di tempat kerja dan bersikap sopan di sekitar teman kerja. Sehingga sopan santun sangat dibutuhkan oleh siapa pun saat berada di tempat kerja.

 

Salah satu cara untuk menjaga sopan santun di tempat kerja bisa lewat tak melakukan panggilan telepon dengan suara yang keras di ruang kantor. Suara Anda tersebut dijamin akan mengganggu rekan kerja yang lain. Sebaiknya saat menerima telepon, cobalah ke luar ruangan sebentar.

 

Selain itu, menjaga sopan santun juga bisa dilakukan dengan tidak lupa mengucap kata ‘tolong’ saat butuh bantuan. Jangan lupa juga untuk mengucapkan ‘terima kasih’ setelah diberikan bantuan oleh orang lain.

 

Bersikap Ramah

 

Cara paling mudah agar bisa disukai oleh teman kerja adalah dengan selalu bersikap ramah kepada mereka. Bersikap ramah sebenarnya bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Cobalah untuk lebih sering tersenyum pasti Anda akan terlihat lebih ramah. Selain murah senyum ada hal lain yang bisa dilakukan untuk bersikap ramah. Misalnya saja dengan menghafalkan nama teman kantor dan selalu menyapanya.

 

Jika Anda adalah anak baru dan masih beradaptasi di tempat kerja, maka bisa dimaklumi jika belum hafal nama teman kantor. Namun, jika Anda sudah lama bekerja dan masih tidak hafal juga maka Anda dapat dianggap sombong dan tidak ingin berteman.

 

Hindari juga memasang wajah jutek karena hal itu dapat membuat Anda dinilai tidak ramah. Kalau Anda memang memiliki tipikal wajah yang jutek, cobalah untuk mengajak mereka ngobrol. Jadi teman kantor akan tahu bahwa sikap Anda sebenarnya tidaklah jutek.

 

Tawarkan dan Minta Bantuan

 

Menawarkan dan minta bantuan juga bisa menjadi cara termudah untuk lebih dekat dengan teman kerja. Ketika Anda melihat teman kerja sedang kerepotan saat mengerjakan pekerjaannya, Anda tidak perlu sungkan untuk mencoba menawarkan bantuan. Namun, ketika menawarkan bantuan sebaiknya tidak perlu menggunakan suara yang keras.

 

Selain menawarkan bantuan, Anda juga dapat mencoba untuk meminta bantuan dari teman kantor.  Terlebih lagi jika Anda adalah anak baru, maka hal ini bisa dicoba. Meminta bantuan pada teman kerja akan menunjukkan bahwa kita membutuhkan pendapatnya. Hal tersebut tentunya akan membuat mereka merasa dihargai dan dibutuhkan masukannya. Hal yang perlu diperhatikan adalah jangan mencoba meminta bantuan saat mereka sedang sibuk. Malah nanti mereka merasa terganggu karena dimintai bantuan.