Kemampuan Berpikir Kritis dan Manfaatnya di Dunia Kerja

Last update on .

Berpikir kritis merupakan salah satu soft skill yang wajib dimiliki oleh setiap orang. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk mengetahui cara meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Critical thinking merupakan kemampuan untuk berpikir secara kritis dan mempertanyakan setiap aspek penting dalam suatu permasalahan.

 

Ketika mempraktikkan kemampuan ini, Anda dituntut untuk menganalisis sebuah topik atau permasalahan secara objektif. Dengan begitu, hasil yang didapatkan tidak akan bias dan benar-benar berdasarkan fakta yang ada. Karena diyakini kemampuan tersebut sangat penting di dunia kerja, maka Karirgogo.com akan memberikan beberapa cara untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan manfaatnya bagi karir Anda.

 

Mudah menyelesaikan masalah

 

Dengan melatih dan meningkatkan kemampuan berpikir kritis, Anda dapat menemukan apa saja kesalahan yang mungkin terlewat oleh anggota tim lain atau bahkan atasan. Tak hanya menemukan apa saja permasalahannya, kemampuan ini juga dapat membantu Anda untuk mencari solusi terbaik untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Sehingga, critical thinking dapat meningkatkan kemampuan problem solving yang juga sangat penting di dalam dunia kerja.

 

Mengetahui kemampuan diri

 

Berpikir kritis juga dapat membuat Anda lebih mengetahui kemampuan diri sendiri. Ketika menganalisis sebuah permasalahan secara kritis, Anda akan menemukan informasi baru yang sebelumnya tidak diketahui. Hal ini akan membuat Anda lebih paham akan kemampuan diri, mengetahui apa saja yang tidak diketahui, dan mencari cara untuk memperbaikinya.

 

Membuat pikiran semakin terbuka

 

Ketika menerima informasi baru atau mencari solusi atas masalah yang ada, Anda harus tetap objektif dan tidak bias dengan pengetahuan yang sudah dimiliki sebelumnya. Jika sudah mengetahui kemampuan diri dan tetap objektif dalam melihat sesuatu, maka akan lebih mudah bagi Anda untuk menerima informasi baru.  Dengan begitu, Anda dapat menjadi lebih open-minded dalam menerima informasi baru atau argumen yang disampaikan oleh orang lain.

 

Mampu berkomunikasi dengan baik

 

Dengan meningkatkan kemampuan berpikir kritis, secara tidak langsung Anda juga meningkatkan kemampuan komunikasi. Lebih spesifiknya, kemampuan dalam mengomunikasikan sebuah ide secara sistematis dan informatif. Berpikir kritis dapat mendorong Anda untuk mempelajari informasi baru, benar-benar memahami maksudnya, dan menjelaskan ide tersebut ke orang lain secara mudah. Serangkaian proses tersebut akan sangat membantu saat Anda sedang melakukan presentasi atau menyampaikan ide. Anda dapat menyampaikan ide dengan baik, dan juga siap dengan jawaban untuk pertanyaan yang mungkin akan diberikan terkait topik yang dipresentasikan.