Hindari Drama di Kantor

Last update on .

Drama bisa terjadi di mana saja, termasuk di kantor. Meski termasuk ke dalam lingkungan profesional, drama sering kali terjadi di kantor sehingga Anda harus tahu mengetahui cara menghindari hal tersebut. Menghindari drama di kantor merupakan salah satu cara bagi Anda untuk tetap meniti karier dengan sukses ke depannya.

 

Karena apapun bentuk drama selalu tidak bagus terhadap kehidupan, termasuk pekerjaan Anda. Lantas, bagaimana caranya supaya kita dapat menghindari drama yang terjadi di kantor? Berikut Karirgogo.com akan memberikan beberapa caranya.

 

Fokus pada Hal Positif

 

Daripada membicarakan orang lain atau hanya sekadar mengeluh tentang pekerjaan, lebih baik Anda fokus kepada hal-hal positif agar Anda dapat menghindari drama kantor. Fokus kepada hal-hal positif akan membantu Anda mendapatkan simpati dari rekan kerja. Bahkan, mereka bisa saja ikut andil dalam kegiatan positif Anda.

 

Misalnya, Anda fokus untuk mencari ide-ide mengenai cara mengembangkan perusahaan. Apabila ide Anda terdengar bagus dan menarik, orang-orang akan ikut ke dalam proses ide Anda. Mengeluh tentang pekerjaan kepada rekan kerja memang menciptakan ikatan emosional. Tapi, jauh lebih baik tetap fokus pada hal-hal positif supaya terhindar dari drama kantor.

 

Hindari Bergosip di Kantor

 

Usahakan jangan bergosip di kantor apabila ingin menghindari drama kantor. Sebisa mungkin tolak ajakan dari rekan kerja lainnya untuk bergosip dengan membicarakan orang lain, termasuk atasan Anda, saat berada di kantor. Hal ini jelas berbahaya karena mungkin saja orang yang sedang Anda bicarakan tiba-tiba lewat dan mendengar apa yang dibicarakan.

 

Saat ia merasa dibicarakan oleh Anda, secara tidak langsung Anda akan masuk ke dalam drama kantor. Selain itu, bergosip di kantor juga dapat menurunkan produktivitas kerja Anda sehingga membuat pekerjaan jadi berantakan.

 

Pilihlah Teman Kantor dengan Bijak

 

Setiap harinya, mungkin Anda lebih banyak menghabiskan waktu dengan teman kantor karena berada di kantor selama sekitar 8 jam. Penting untuk membangun persahabatan yang sehat di kantor untuk meningkatkan produktivitas dan menikmati setiap pekerjaan yang kita kerjakan. Oleh karena itu, pilih teman kantor dengan bijak. Jangan sampai Anda memilih teman kantor yang punya kecenderungan bersifat toxic. Karena hal tersebut akan membuat Anda ikut serta dalam drama kantor.

 

Hormati Orang Lain

 

Anda pasti paham istilah ‘perlakukan orang lain sebagaimana kamu ingin diperlakukan’. Terapkan hal tersebut ketika di kantor agar Anda terhindar dari drama. Perlakukan semua orang di kantor dengan hormat supaya mereka juga memperlakukan hal yang sama kepada diri Anda. Apabila hal tersebut diterapkan, kemungkinan besar akan tercipta suasana yang harmonis di kantor sehingga tidak ada drama yang terjadi.