Ini 5 Cara untuk Hindari Menunda Pekerjaan

Last update on .

Tidak bisa dipungkiri kalau semua orang pasti pernah menunda pekerjaan. Nah, ada orang yang menunda tugasnya karena harus mengerjakan hal lain yang lebih utama. Tapi, ada juga yang sengaja menunda pekerjaan karena malas atau suasana hati yang kurang baik. Jenis yang kedua ini lazim disebut dengan prokrastinasi.

 

Prokrastinasi bukan sebuah masalah yang muncul karena buruknya manajemen waktu. Tapi, lebih pada cara untuk mengatasi emosi atau suasana hati negatif yang disebabkan oleh tugas atau pekerjaan tertentu yang memberikan rasa bosan, cemas, frustasi, ragu, atau benci.

 

Memang terkadang menunda tugas itu terasa menyenangkan ketika dilakukan. Dan itulah kenapa kita melakukannya. Tapi, ada efek buruk jangka panjangnya. Prokrastinasi itu dapat berdampak pada keuangan, kesehatan fisik, emosional, dan pastinya produktivitas. Karirgogo.com akan memberikan beberapa cara agar Anda dapat menghindari prokrastinasi.

 

Hilangkan gangguan di sekitar Anda

 

Hal pertama untuk dilakukan adalah Anda dapat mencoba untuk menghilangkan dahulu gangguan yang mungkin ada di sekitar. Kalau sosial media dan gadget adalah sebuah distraksi bagi Anda, maka tutup seluruh aplikasi tersebut dan coba untuk mengaktifkan Airplane Mode pada ponsel. Atau, jika Anda suka bermain games tanpa henti, maka tutuplah terlebih dahulu. Biarkan gadget dalam keadaan non-aktif, agar konsentrasi Anda dapat terkumpul untuk memulai semua tugas.

 

Memecah tugas besar menjadi tugas-tugas spesifik

 

Biasanya, salah satu contoh dari prokrastinasi itu adalah kalau menunda pekerjaan dikarenakan pekerjaan itu terasa terlalu besar dan sulit untuk dibayangkan pengerjaannya. Oleh karena itu, maka Anda dapat menjabarkan tugas besar yang ada menjadi tugas kecil yang lebih spesifik. Dengan penjabaran tugas menjadi lebih detail, Anda akan lebih fokus untuk mengerjakan tugas secara satu per satu.

 

Tetapkan deadline untuk diri sendiri

 

Bekerja tanpa adanya batas waktu tertentu bisa sangat tidak produktif, karena Anda tidak mampu melihat kemajuan dan ada kemungkinan akan panik jika Anda merasa tertinggal jauh atau sudah mendekati batas akhir. Karena itu, penting bagi Anda membuat deadline yang tetap untuk tugas yang dilakukan. Akan lebih baik juga kalau batas waktu yang Anda tentukan masih menyisakan beberapa waktu sebelum batas waktu yang sesungguhnya.

 

Bekerja di waktu yang paling nyaman dan efisien

 

Kadang, pagi hari menjadi waktu yang tidak Anda inginkan untuk mengerjakan tugas. Nah, kalau begitu bagaimana jika Anda mulai mengerjakan tugas di siang hari dan menyelesaikannya di malam hari dengan batas waktu tertentu. Ini dapat menjadi cara yang baik, daripada memulai terlalu pagi atau terlalu malam yang membuat Anda mengantuk dan kelelahan. Namun, yang terpenting adalah Anda harus bisa merasakan diri dan mendengar jam tubuh sendiri. Jika sudah mulai sering menguap, tandanya Anda harus istirahat.

 

Hadiahi diri dengan segala hal favorit

 

Jika sudah menyelesaikan semua tugas Anda, maka tidak ada salahnya menghadiahi diri sendiri dengan apa pun yang Anda suka dan inginkan. Dengan begitu, Anda dapat menambah semangat dalam mengerjakan tugas-tugas selanjutnya.