Buat Perencanaan Mingguan Agar Produktif di Kantor

Last update on .

Setiap orang punya cara untuk membuat kerjanya lebih tertata. Ada yang membuat perencanaan harian dan ada pula yang menyusun materi dalam perencanaan mingguan. Namun, dengan membuat rencana mingguan, Anda akan lebih menghargai waktu dan dapat memilah mana pekerjaan yang masuk dalam kategori prioritas. Sehingga perencanaan mingguan membuat orang produktif dan efisien.

 

Membuat perencanaan mingguan tanpa memikirkan prioritas adalah hal yang lebih buruk. Ini seperti Anda punya rencana untuk mengerjakan sebuah pekerjaan, tapi tak tahu harus memulainya dari mana. Pembuatan sasaran penting bagi Anda untuk terus berjalan linear pada target yang dibuat.

 

Dengan membuat prioritas soal mana yang harus dikerjakan terlebih dahulu, Anda akan memiliki waktu untuk berusaha menyelesaikan prioritas tersebut dengan harapan untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Jika Anda tertarik untuk membuat perencanaan mingguan untuk produktif di kantor, Karirgogo.com memiliki beberapa saran yang dapat Anda aplikasikan. Mari simak langkah-langkahnya!

 

Buat Setiap Rencana Menjelang Akhir Pekan

 

Untuk membuat perencanaan mingguan, ada baiknya Anda mempersiapkannya sebelum akhir pekan dimulai atau hari terakhir bekerja dalam satu minggu. Dengan membuat perencanaan mingguan menjelang dimulainya akhir pekan, Anda akan mengetahui apa saja masalah di pekan tersebut dan Anda akan mengingat pekerjaan apa saja yang menghabiskan waktu. Ketika membuat perencanaan di saat jelang akhir pekan, waktu Anda di pekan depan akan menjadi efektif.

 

Merencanakan Semua Hal

 

Setelah memutuskan apa yang ingin Anda capai minggu depan melalui perencanan mingguan, jadwalkan juga waktu yang Anda butuhkan untuk melakukan tugas-tugas itu. Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan membuat estimasi waktu untuk setiap pekerjaan yang Anda lakukan. Dekatkan setiap pekerjaan yang hampir sepadan ke urutan terdekat dan jauhkan pekerjaan yang tidak berhubungan, guna mempersingkat waktu Anda dalam setiap menyelesaikan pekerjaan.

 

Menjadwalkan ke Kalender

 

Tidak ada gunanya jika membuat perencanaan mingguan tapi tidak disepakati karena memilih untuk melakukan hal-hal yang lain. Masalah di atas muncul karena ada beberapa orang yang lupa bahwa mereka memiliki rencana yang harus ditaati. Solusinya ialah menjadwalkannya ke kalender. Membuat perencaan di kalender amat penting bagi orang yang memilih untuk membuat perencanaan mingguan. Untuk mengaplikasikan metode ini, Anda harus memilih kalender yang secara sistem paling sering Anda gunakan.

 

Refleksikan dan Ulangi

 

Pada akhir setiap minggu, lihatlah perencanaan mingguan Anda. Membuat perencanaan mingguan Anda adalah proses pembelajaran yang berkelanjutan. Selama Anda berpegang terhadap rencana mingguan, Anda belajar untuk memprediksi tingkat energi Anda, mengikuti tips produktivitas, dan merencanakannya. Anda juga akan belajar melepaskan tugas dan proyek yang tidak efisien.