Langkah Untuk Tingkatkan Kreativitas di Kantor

Last update on .

Apakah Anda merasa kreativitas menurun saat bekerja? Hal ini memang wajar terjadi ketika Anda merasa stres atau merasa terlalu lelah terhadap pekerjaan yang dilakukan. Jangan merasa menyerah dahulu ya, mari simak beberapa cara meningkatkan kreativitas yang dapat Anda lakukan di kantor.

 

Selalu Ingin Tahu

 

Tahukah Anda jika sikap selalu ingin tahu ternyata dapat meningkatkan kreativitas. Sikap ini akan menstimulasi kerja otak untuk selalu berimajinasi dan bekerja mencari hal-hal baru yang menarik. Dengan stimulasi yang diberikan, otak akan fokus untuk mengeksplorasi sesuatu dari sudut pandang yang berbeda sehingga Anda tidak hanya kreatif, tapi juga dapat meningkatkan kemampuan memecahkan masalah.

 

Jangan sungkan juga untuk bertanya, karena dengan pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan, semakin banyak pula jawaban yang akan membentuk sudut pandang baru. Banyak-banyak membaca dari buku, internet, film, kursus, dan apapun yang membuat diri Anda rileks. Tidak hanya itu, sering berdiskusi bersama teman juga dapat meningkatkan kreativitas Anda.

 

Jangan Takut Gagal

 

Mengerjakan sesuatu tanpa ingin mencoba ternyata tidak berdampak baik dengan kreativitas Anda. Mengulang pekerjaan yang bersifat template, secara tidak langsung Anda menyuruh otak untuk bekerja dengan pola yang sama dan akhirnya membuat otak malas berpikir dan mengeksplorasi hal baru. Jangan takut untuk mencoba hal baru dan buang semua kekhawatiran untuk gagal, karena gagal adalah sebuah pelajaran yang berharga.

 

Konsep trial and error atau learning by doing dapat diterapkan saat Anda bekerja, khususnya jika Anda adalah seorang pekerja kreatif yang membutuhkan berbagai ide segar. Meningkatkan kreativitas dapat didapatkan dari berbagai sumber termasuk sebuah juga kegagalan.

 

Bangun Emosi Positif

 

Setiap orang memiliki emosi di dalam dirinya dan emosi tidak harus melulu soal kemarahan yang berapi-api. Bentuk emosi positif di sini maksudnya adalah rasa syukur, kasih sayang, suka cita, dan inspirasi. Emosi positif inilah yang dapat membangun kapasitas diri untuk melihat segala kemungkinan-kemungkinan yang terjadi dan juga meningkatkan kreativitas dalam berpikir. Emosi positif ini dapat dibangun dari hubungan Anda bersama teman-teman, menyebarkan kebaikan dan pastinya bergaul dengan lingkungan yang positif.

 

Mencatat

 

Sudahkah Anda membiasakan untuk mencatat semua yang telah ditemukan atau yang dipikirkan? Hal-hal kecil yang Anda catat dapat menjadi inspirasi untuk mengasah kreativitas. Jangan sampai setiap hal menarik yang Anda lihat kemudian dilewatkan begitu saja dan pada akhirnya terbuang secara sia-sia. Menulis catatan ini tidak hanya sekadar menulis yang Anda temukan saja, namun juga mencatat berbagai pemikiran yang muncul secara tiba-tiba.

 

Tidur Sejenak

 

Stres di kantor berpotensi mengakibatkan Anda tidak bisa berpikir dengan jernih dan membuat kinerja menurun. Tidak ada salahnya jika Anda memejamkan mata sebentar alias melakukan power nap. Power nap memiliki manfaat yang baik seperti mengembalikan tenaga dan menyegarkan kerja otak untuk bekerja lebih baik.

 

Power nap dipercaya dapat meningkatkan kreativitas karena saat tidur otak akan menghapus ingatan-ingatan lama yang dianggap tidak begitu penting sehingga saat bangun otak kita memiliki ruang kosong untuk diisi dengan ide-ide baru yang mungkin saja belum terpikirkan sebelumnya.