Berkomunikasi Secara Efektif di Dunia Kerja

Last update on .

Komunikasi yang efektif merupakan salah satu kunci kesuksesan di dunia kerja. Dengan memiliki komunikasi yang efektif, seorang karyawan bisa menjalin kerja sama yang baik dengan sesama karyawan dan juga dengan atasan. Komunikasi yang efektif juga bisa membuat atasan bisa merangkul karyawannya dengan baik, sehingga tujuan perusahaan pun dapat lebih mudah tercapai.

 

Bahkan komunikasi yang efektif memiliki sejumlah dampak positif untuk semua orang yang ada di industri atau di dunia kerja. Kemampuan komunikasi yang efektif dapat membuat seseorang mendapatkan pekerjaan, promosi jabatan, dan kesuksesan karir di masa depan. Dalam artikel Karirgogo.com kali ini, ada sejumlah cara untuk melakukan komunikasi yang efektif.

 

Jadilah Pendengar yang Baik

 

Cara melakukan komunikasi yang efektif ini seringkali susah untuk dilakukan. Padahal mendengarkan itu sangatlah baik, dan menjadi salah satu cara berkomunikasi efektif yang patut dilakukan. Mendengarkan perkataan lawan bicara dapat membuat Anda lebih mudah memahami apa yang dikatakan lawan bicara itu. Mendengarkan perkataan lawan bicara dengan baik dan saksama juga akan membuat lawan bicara lebih menghormati Anda, karena dia merasa perkataannya didengar dan dihargai.

 

Perhatikan Bahasa Tubuh

 

Berkomunikasi bukan hanya dengan berbicara atau mendengarkan semata. Bahasa tubuh pun menjadi media dalam berkomunikasi, utamanya di dunia kerja. Bahasa tubuh seringkali menunjukkan sikap atau perasaan seseorang, utamanya saat di tempat kerja. Jika ingin melakukan komunikasi yang efektif di dunia kerja dengan bahasa tubuh, maka perhatikanlah dan gunakanlah bahasa tubuh dengan baik.

 

Sampaikan Pesan Seefektif Mungkin

 

Cara komunikasi yang efektif ini berlaku untuk segala cara berkomunikasi, baik melalui ucapan atau saat mengirim pesan via email dan media sosial lainnya. Adapun cara melakukan komunikasi yang efektif ini adalah dengan menyampaikan pesan yang Anda sampaikan dengan bahasa yang mudah dimengerti dan dengan kalimat yang singkat. Pikirkan dulu apa pesan yang hendak disampaikan dan bagaimana kata-kata atau kalimat yang tepat untuk menyampaikannya.

 

Tunjukkan Kesan Ramah Kepada Lawan Bicara

 

Menujukkan kesan ramah adalah cara melakukan komunikasi yang efektif selanjutnya yang harus Anda lakukan. Kesan ramah yang ditunjukkan kepada lawan bicara Anda, akan membuat dia merasa nyaman saat melakukan komunikasi. Selain memberi kesan ramah, Anda juga dapat bersikap terbuka di depan lawan bicara. Sikap ini akan membuat Anda lebih memahami seperti apa sudut pandang lawan bicara, melalui apa yang disampaikannya.

 

Fleksibel

 

Setiap orang memiliki karakter yang berbeda. Perbedaan karakter tersebut harus disadari, karena akan memberi pengaruh dalam melakukan komunikasi yang efektif. Jika lawan bicara Anda adalah orang yang sensitif dan mudah tersinggung, maka Anda harus berkomunikasi dengannya dengan bahasa yang halus namun dapat dipahami. Bersikap fleksibel menjadi cara melakukan komunikasi yang efektif lainnya yang perlu Anda lakukan. Dengan sikap fleksibel, Anda akan jauh lebih mampu melakukan komunikasi yang efektif dengan orang lain, terutama yang ada di dunia kerja atau di tempat kerja.