Deretan Keterampilan Seorang Marketing Executive

Last update on .

Marketing Executive adalah salah satu pilihan karir populer di antara para pencari kerja. Secara sederhana, Marketing Executive dapat disebut sebagai seseorang yang bertugas untuk memperkuat nilai suatu produk atau perusahaan pada publik. Selain menjelaskan tentang layanan dan produk, mereka juga bertugas untuk mengawasi langkah-langkah promosi untuk layanan atau produk tersebut.

 

Seorang Marketing Executive dapat dikatakan menjalankan pekerjaannya dengan baik jika telah dapat membuat produk ataupun jasa perusahaannya dikenal oleh banyak orang. Tingkat keberhasilan seorang mereka juga diukur dari meningkat atau tidaknya penjualan dan pendapatan perusahaan. Berikut adalah sejumlah keterampilan yang harus dimiliki seseorang jika ingin sukses menjadi Marketing Executive.

 

Komunikasi interpersonal

 

Menjadi perantara antara perusahaan dan publik, kamu diwajibkan untuk terampil dalam hal berkomunikasi. Anda harus mampu berkomunikasi dengan berbagai macam klien maupun customer dan melalui berbagai media. Jadi, bukan hanya komunikasi verbal face to face yang harus dikuasi, melainkan juga komunikasi verbal melalui media lain seperti contohnya via telepon dan juga komunikasi melalui tulisan hingga visual.

 

Public speaking

 

Public speaking berbeda dengan komunikasi interpersonal, tapi public speaking juga merupakan keterampilan yang wajib dimiliki oleh seorang Marketing Executive. Seseorang yang pandai dalam komunikasi interpersonal, belum tentu memiliki kemampuan public speaking yang baik. Public speaking membutuhkan rasa percaya diri yang lebih tinggi lagi dibandingkan komunikasi interpersonal. Dengan menjadi marketing executive yang menguasi public speaking kamu dapat mengenalkan produk atau pun jasa dengan lebih efektif.

 

Punya kemampuan menulis

 

Selain kemampuan komunikasi dan public speaking yang baik, tentu saja Marketing Executive wajib memiliki kemampuan menulis yang baik. Tanpa kemampuan ini, Anda akan kesulitan untuk mempromosikan barang dan jasa melalui tulisan. Jika Anda memiliki kemampuan menulis yang baik, maka Anda dapat menyesuaikan berbagai gaya penulisan untuk berbagai kebutuhan yang sesuai dengan target pasar.

 

Detail-oriented

 

Sebagai representasi dari perusahaan, Marketing Executive akan berhubungan dengan banyak orang, jadi tentu saja teliti itu sangat diperlukan. Kesalahan kecil yang Anda lakukan mungkin saja akan terbaca oleh klien dan hal tersebut dapat menjadi penilaian negatif untuk perusahaan.

 

Cermat dan memiliki kemampuan analisis

 

Kemampuan yang satu ini sangat dibutuhkan ketika Anda harus menentukan target pasar yang tepat. Selain itu, kemampuan ini juga berguna agar Anda dapat mengetahui keinginan pasar, sehingga Anda dapat mengembangkan produk atau jasamu sesuai dengan keinginan tersebut. Tanpa kemampuan analisis yang baik dari Marketing Executive, perusahaan akan kesulitan mengembangkan produk atau jasa yang ditawarkannya.

 

Kreatif dan inovatif

 

Kreativitas hampir dibutuhkan dalam segala macam pekerjaan. Kreativitas layaknya nyawa dari semua keterampilan yang dibutuhkan. Dengan kreativitas, Anda dapat berkomunikasi, menulis, menganalisa dan membuat strategi dengan cara yang lebih efektif atau lebih efisien lagi. Suatu kemampuan yang didampingi dengan kreativitas pasti akan menghasilkan sesuatu yang berbeda dari yang lain. Dengan adanya rasa kreativitas yang tinggi, akan semakin banyak kemungkinan Anda menciptakan sebuah inovasi.

 

Persuasif dan negosiatif

 

Tentu saja seorang Marketing Executive harus memiliki kemampuan persuasif dan negosiasi. Marketing Executive tidak hanya sekedar memperkenalkan sebuah produk atau jasa melainkan juga harus sebisa mungkin mengajak orang-orang untuk membeli produk atau memakai jasa perusahaannya. Selain persuasi, kemampuan negosiasi juga penting agar sebuah transaksi dapat memuskan dan memenuhi standar kedua belah pihak yaitu konsumen dan produsen.

 

Kemampuan bekerja sama dalam tim

 

Marketing Executive tidak akan bekerja sendirian tetapi juga harus berkomunikasi dengan divisi lainnya. Maka dari itu Anda harus memiliki kemampuan bekerja sama yang baik. Karena menjaga komunikasi dan mendelegasikan pekerjaan adalah kedua hal yang pasti harus Anda lakukan.

 

Technology-savvy

 

Di zaman yang serba digital ini, tentu sangat dibutuhkan seorang Marketing Executive yang technology-savvy. Terutama apabila Anda ingin bekerja sebagai Marketing Executive pada sebuah startup, yang mana pemahaman dan kemampuan Anda dalam menggunakan sejumlah tools akan sangat menunjang pekerjaan.