Persiapan Guna Bekerja di Luar Negeri

Last update on .

Selain bisa mempelajari budaya lain, bekerja di luar negeri juga memberikan banyak kesempatan lain yang belum tentu dapat Anda rasakan di negeri sendiri. Misalnya, Anda dapat menambah relasi untuk menuntun Anda ke kesempatan besar lainnya. Ini juga merupakan kesempatan Anda untuk semakin lancar berbahasa asing. 

 

Dengan adanya MEA atau Masyarakat Ekonomi Asean yang memberikan kebebasan perdagangan atar negara di ASEAN, kesempatan Anda untuk bekerja di luar negeri pun semakin besar. Berikut beberapa langkah supaya Anda dapat diterima kerja di luar negeri.

 

Fasih berbahasa asing

 

Memiliki kemampuan dalam berbahsa asing merupakan kemampuan yang harus dimiliki jika Anda ingin bekerja di luar negeri. Kemampuan Anda akan menjadi pengaruh besar, karena recruiter tidak akan menyediakan waktu untuk Anda belajar bahasa asing setelah diterima.

 

Anda perlu mempersiapkan diri dengan mengambil kursus bahasa atau belajar secara otodidak, jika Anda merasa kemampuan bahasa yang dimiliki masih di bawah rata-rata. Akan lebih baik lagi jika Anda memiliki kemampuan lebih dari dua bahasa asing lainnya.

 

Memiliki pengalaman kerja yang menarik perhatian

 

Menjadi volunteer di acara internasional juga dapat membuka kesempatan Anda untuk bekerja di luar negeri. Luasnya jaringan relasi Anda dapat membuka banyak kesempatan. Selain itu, pencapaian di organisasi atau saat kerja dapat menjadi pertimbangan bagi recruiter untuk menerima Anda. Semakin menarik pengalaman semakin besar juga nilai jual Anda di dunia kerja.

 

Berpikir secara global

 

Mengetahui perkembangan terbaru mengenai industri terkait dapat menjadikan Anda kandidat yang kuat. Recruiter akan melihat bahwa Anda memiliki pengetahuan lebih yang belum tentu dimiliki oleh orang lain. Selain dari mengetahui perkembangan terbaru, akan lebih baik lagi jika Anda memiliki solusi dari masalah yang ada. Dengan ini, recruiter tahu bahwa selain kemampuan yang Anda cantumkan di CV, Anda juga memiliki kemampuan pemecahan masalah yang sangat baik.

 

Sebelum Anda membulatkan tekad untuk bekerja di luar negeri, pastikan Anda memiliki kemampuan lebih dari pekerja di negara tersebut. Hal itu tentu menjadi alasan mengapa recruiter mau menerima Anda sebagai karyawannya. Butuh waktu dan niat yang lebih untuk mempersiapkan diri. Oleh karenanya, persiapkan diri Anda sejak sekarang.