Pahami Sejumlah Langkah Supaya Anda Cepat Naik Gaji

Last update on .

Appraisal atau naik gaji memang sudah selayaknya dilakukan setiap tahun oleh tiap perusahaan untuk meningkatkan taraf hidup para pegawainya. Namun hal tersebut juga terkait dengan kondisi dan kebijaksanaan dari perusahaan tempat Anda bekerja. Agar Anda dapat cepat naik gaji, tentu ada sejumlah hal yang patut dipertimbangkan. Ayo simak beberapa langkah yang dapat Anda pahami sebelumnya.

 

Gaji dan tanggung jawab

 

Apakah Anda merasa gaji sudah tidak sesuai dengan beban kerja yang Anda tanggung setahun belakangan ini? Mungkin ini saatnya Anda minta untuk naik gaji. Rundingkanlah dengan atasan apa yang terjadi dan juga jelaskan secara rinci alasan-alasan mengapa Anda harus naik gaji.

 

Misalnya jika Anda memiliki tugas serta tanggung jawab seorang senior namun Anda masih berstatus seorang junior, Anda dapat menjelaskan semuanya secara rinci bahwa gaji yang diperoleh tidak sepadan dengan pekerjaan. Jika dengan cara ini atasan Anda belum menaikkan gaji, setidaknya Anda dapat bernegosiasi untuk mengurangi beban kerja, sehingga Anda mendapatkan gaji sesuai dengan kesepakatan tugas sejak awal masuk kerja.

 

Promosi

 

Apakah Anda sudah bekerja keras selama setahun? Sudahkah Anda memberi kontribusi berupa prestasi untuk perusahaan? Menang pitching dan berhasil mendapatkan klien besar? Apakah semua prestasi Anda sudah dihargai oleh perusahaan dengan naik gaji? Kalau belum, ini saat yang tepat untuk membicarakan hal tersebut.

 

Tidak menutup kemungkinan atasan di perusahaan Anda bekerja tidak ingat apa jabatan Anda dan tanggung jawab Anda, yang mereka ingat hanyalah kalau Anda bekerja keras dan mampu memenuhi semua permintaan. Anda juga dapat menjabarkan prestasi apa saja yang telah dilakukan setahun belakangan ini dan meminta kenaikan jabatan juga. Naik jabatan tentu akan berbanding lurus dengan kenaikan gaji serta keuntungan yang akan diterima setiap bulan. Jadi, jangan menyerah untuk meminta hasil dari kerja keras Anda ya.

 

Riset

 

Meminta kenaikan gaji memang kadang suka membingungkan. Sebenarnya berapa sih gaji yang harus naik setiap tahunnya? Walaupun sudah ada peraturan yang menetapkan persentase tersebut, namun banyak juga perusahaan yang memiliki kebijakannya tersendiri perihal naik gaji. Anda tidak perlu takut untuk membicarakan secara baik-baik dengan tim saat mengadakan kenaikan. Jika Anda bingung dan tidak ada tolok ukur di perusahaan, maka Anda dapat melakukan riset gaji rata-rata pekerjaan Anda di perusahaan-perusahaan yang ada di Indonesia.

 

Selain Anda dapat browsing di internet, Anda juga dapat membandingkan dengan kantor rekan-rekan Anda. Pastikan Anda membandingkan perusahaan yang industrinya sebanding. Misalnya jika Anda mau membandingkan gaji seorang art director di sebuah agency, maka cari juga agency yang sepadan. Jangan sampai Anda membandingkan agency internasional dengan agency nasional.

 

Komunikasi

 

Memang agak sungkan untuk membicarakan kenaikan gaji dengan atasan di kantor. Kuncinya ada di komunikasi untuk membicarakan hal sensitif seperti ini. Komunikasi yang baik akan membuat hasil yang baik juga. Persiapkan diri Anda mulai dari presentasi, alasan-alasan mengapa Anda harus naik gaji serta kenaikan gaji yang diminta saat berdiskusi bersama atasan.

 

Berlatihlah juga untuk bernegosiasi jika hasil tidak sesuai dengan harapan. Jangan sampai Anda mengancam atau memberikan ultimatum yang pada akhirnya membuat diri Anda terlihat tidak profesional. Jaga lisan jangan sampai menyinggung atau menyakiti hati orang lain agar hubungan profesional tetap terjalin dengan baik.

 

Anda juga harus memahami seberapa besar nilai serta manfaat diri Anda untuk sebuah perusahaan dan apakah sudah layak diberikan reward dengan naik gaji. Sebelum Anda meminta kenaikan gaji, perdalam juga soft skill serta hard skill untuk menjadikan diri Anda lebih bernilai.