Sejumlah Profesi Jurnalistik yang Belum Banyak Diketahui

Last update on .

Jurnalistik merupakan suatu kegiatan mencari berita atau informasi yang dilakukan dengan sejumlah profesi. Orang yang melakoni profesi ini biasanya disebut sebagai jurnalis. Di mata orang awam, jurnalis atau pelaku jurnalistik biasanya identik dengan orang yang melakukan liputan berita atau yang membacakan berita di layar kaca. Padahal, jurnalis mempunyai cakupan kerja yang lebih luas daripada itu. Bahkan, sebetulnya ada berbagai macam profesi jurnalistik.

 

Sayangnya, beberapa profesi teresbut belum diketahui semua orang, terutama orang awam. Seorang jurnalis juga dituntut untuk mempunyai berbagai macam kemampuan, salah satunya mengelola media sosial. Sejumlah kemampuan tersebut sangatlah diperlukan, apalagi di zaman yang sudah serba internet dan digital seperti saat ini.

 

Selain itu, kemampuan tersebut juga secara tidak langsung memengaruhi terbentuknya beragam profesi jurnalistik yang sebagian besarnya belum diketahui awam. Jika ingin mengetahui macam-macam profesi jurnalistik, Anda dapat menyimak ulasan dalam artikel Karirgogo.com kali ini.

 

Konten Kreatif atau Tim Kreatif

 

Profesi jurnalistik yang pertama adalah tim konten kreatif atau tim kreatif. Satu di antara macam-macam profesi ini biasanya akan Anda temukan di radio, televisi, dan bahkan media online. Ruang lingkup tugas tim kreatif berkisar pada ide-ide kreatif. Biasanya, mereka akan memikirkan dan mengeksekusi ide-ide kreatif untuk dijadikan konten di media. Berbagai ide tersebut juga sering dipakai untuk konten promosi atau iklan di media.

 

Penulis Naskah (Script Writer)

 

Satu di antara macam-macam profesi jurnalistik ini biasanya identik dengan dunia perfiliman atau sinetron. Namun, script writer atau penulis naskah juga termasuk dalam macam-macam profesi jurnalistik. Lazimnya, pekerjaan ini dipakai di media yang bersifat audio atau audio visual, seperti TV dan radio. Tugas penulis naskah di media sebetulnya tak jauh berbeda dengan tugas penulis naskah di film atau sinetron. Hanya saja, penulis naskah di media biasanya membuat naskah untuk beberapa acara atau konten yang mengandung unsur informatif dan hiburan.

 

Off Air

 

Salah satu di antara macam-macam profesi jurnalistik ini sebetulnya mirip dengan profesi event organizer. Bedanya, tugas off air adalah mengatur acara-acara jurnalistik yang sifatnya off air, baik yang diselenggarakan secara indoor maupun outdoor. Dalam praktiknya, satu di antara macam-macam profesi jurnalistik ini akan bekerja sama dengan pihak-pihak yang terlibat dalam acara off air media tersebut.

 

Music Director

 

Sama seperti penulis naskah, music director biasanya lekat dengan dunia sinetron dan perfilman. Bahkan, profesi ini juga punya ikatan erat dengan dunia periklanan. Di ranah jurnalistik, profesi ini biasanya dibutuhkan oleh media audio dan audio visual, seperti TV dan radio. Di media-media tersebut, music director bertugas memilih dan mengontrol lagu atau musik yang akan dipakai. Untuk melakukannya, seorang music director harus mempunyai intuisi yang kuat supaya bisa menentukan cocok tidaknya sebuah musik atau lagu terhadap konten suatu media.