Langkah Berpikir Positif Ketika Hadapi Tekanan di Kantor

Last update on .

Tantangan di kantor terkadang tanpa disadari membuat Anda jadi tidak terlalu bersemangat kerja. Bayangan kegiatan di kantor yang terlanjur negatif sudah lebih dulu terlintas sebelum Anda sampai di kantor. Situasi seperti ini perlu dihilangkan dengan berpikir positif. Energi yang baik akan lebih mudah terpancar dan menarik hal baik di sekitar Anda. Berpikir positif adalah salah satu bagian untuk menghasilkan energi yang baik juga.

 

Perbanyak senyum

 

Berpikir positif berpengaruh pada kinerja Anda setiap harinya, jika di kantor Anda menanggung banyak beban kerja dan mengekspresikannya dengan cemberut atau mengeluh terus pasti akan sulit menikmati hari-hari kerja. Jaga kondisi mood dengan memperbanyak senyum. Mulai dari hal sederhana seperti membiasakan menyapa balik satpam atau OB yang memberi salam dengan senyum. Begitu juga saat bertemu pimpinan atau klien, jangan lupa berikan senyum yang tulus agar Anda dan lawan bicara bisa berpikir positif meskipun akan membahas hal rumit atau butuh konsentrasi tinggi.

 

Bangun relasi dengan teman setim

 

Berteman dekat dengan orang-orang di kantor memang tidak semudah menjalin pertemanan saat di bangku kuliah. Tenang saja, Anda bukan satu-satunya yang kurang berminat untuk pertemanan di kantor. Namun, salah satu cara agar Anda dapat tetap berpikir positif selama di kantor adalah punya relasi yang baik dengan rekan kerja dan kolega. Biar bagaimanapun Anda menghabiskan waktu di kantor, jika tidak mengenal dan menghargai satu sama lain akan sulit untuk bisa berpikir positif selama bekerja.

 

Belajar hal baru

 

Selalu update pengetahuan dan skill Anda dengan mempelajari hal yang berbeda. Saat belajar hal berbeda, Anda pasti akan merasa punya pencapaian lagi di luar rutinitas yang sudah lama berjalan. Belajar hal baru tidak harus selalu mahal atau ikut seminar dan pelatihan yang memakan waktu banyak. Anda dapat mencari tutorial di YouTube tentang DIY project atau kegiatan lain seperti olah raga.

 

Ikut kegiatan non-formal kantor

 

Berpikir positif di tempat kerja dapat Anda latih dengan mau bersosialisasi di luar jam kerja. Berpartisipasi dalam membuat dekorasi untuk ulang tahun kantor atau sekedar bergabung untuk nonton film bersama sepulang kerja adalah beberapa kegiatan sederhana yang dapat membantu Anda untuk lebih mengenal orang-orang di lingkungan kerja.

 

Dengan mengenal orang-orang di tempat Anda menghabiskan waktu paling banyak, akan lebih mudah bagi Anda untuk berpikir positif terhadap lingkungan tersebut. Anda akan mengenal karakter rekan-rekan kerja yang mungkin tidak terlihat saat office hour, siapa tahu mendapat teman yang punya hobi sama, bisa lebih seru pertemanannya.

 

Tata ulang ruang atau area kerja

 

Kondisi area kerja Anda juga dapat berpengaruh pada kemampuan berpikir positif. Jika area kerja berantakan, banyak tumpukan dokumen yang berdebu, dan ada bungkus makanan di tiap laci meja, tentu kecenderungan Anda untuk merasa tidak nyaman dan gusar akan lebih besar dibanding berpikir positif. Rapikan setiap laci dan sudut di area kerja. Usahakan dokumen dan barang Anda tersusun dengan rapi.

 

Fokus dalam bekerja

 

Kesulitan berpikir positif di kantor sering terjadi ketika Anda punya terlalu banyak daftar pekerjaan. Sehingga pekerjaan yang ada di tangan Anda tidak bisa sepenuhnya mendapat fokus karena perhatian juga terpecah dengan tugas lain yang sudah menanti. Ada baiknya Anda menyelesaikan pekerjaan bertahap dan kurangi kebiasaan menumpuk pekerjaan supaya porsi kerja Anda tetap wajar. Fokus dalam bekerja pasti akan berdampak baik juga pada hasil akhir pekerjaan yang lebih maksimal, sehingga bisa berpikir positif dan lebih termotivasi untuk melanjutkan ke tanggung jawab selanjutnya.