Menilik Peluang Kerja Bagi Lulusan Bidang Sosiologi

Last update on .

Jika Anda merupakan lulusan bidang Sosiologi, maka jangan khawatir dengan masa depan karir. Walaupun jurusan ini tidak terlalu banyak dipilih, ternyata jurusan yang mempelajari ilmu sosial ini ternyata sangat berguna dan bermanfaat untuk karir Anda. Prospek kerjanya pun beragam dan banyak hal yang dipelajari di jurusan Sosiologi juga dapat diterapkan di berbagai situasi perusahaan.

 

Setidaknya ada 3 alasan jurusan Sosiologi dapat mempermudah karir Anda. Aspek yang pertama ialah memahami manusia dengan lebih baik, melalui pemahaman akan betapa kompleksnya manusia dan lingkungan sosialnya. Aspek kedua adalah memiliki beragam kemampuan yang berguna, mulai dari memahami manusia dan budayanya, mengambil keputusan yang rasional, hingga mempu berkomunikasi secara interpersonal. Aspek ketiga yaitu peka terhadap perubahan serta mudah beradaptasi dengan perubahan.

 

Tak hanya berpeluang untuk bekerja di bidang pemberdayaan sosial dan sumber daya manusia, lulusan Sosiologi juga memiliki kesempatan untuk menempati posisi strategis di berbagai jenis perusahaan. Mari simak apa saja peluang kerja bagi para lulusan bidang Sosiologi.

 

Human Resources

 

Posisi ini idealnya dilakoni oleh lulusan Psikologi. Namun Anda dari jurusan Sosiologi juga berpotensi untuk berkarir sebagai Human Resource atau HR. Sama-sama mempelajari tentang manusia, lulusan Sosiologi bisa memiliki pemahaman seputar berbagai sisi manusia kerja serta menganalisa masalah dan solusi di tempat kerja.

 

Market Research Analyst

 

Bidang satu ini cukup fleksibel dan bisa dilakukan oleh orang dari berbagai latar belakang, tak terkecuali dengan latar belakang sosiologi. Para lulusan sosiologi khususnya bisa mendalami riset pasar untuk memetakan gaya hidup, kebutuhan, dan berbagai pengelompokan lainnya di masyarakat. Kebanyakan strategi pemasaran dibuat berdasarkan data yang diperoleh dari penelitian.

 

Jurnalis

 

Menjadi jurnalis juga memerlukan pemahaman untuk melampirkan dan melaporkan data. Inilah yang bisa menjadi keunggulan dari lulusan Sosiologi. Dengan pengalaman riset yang cukup, para lulusan Sosiologi sudah sering terekspos dengan data dan analisa, sehingga diharapkan dapat memberikan informasi dengan lebih baik.

 

Media Planner

 

Pekerjaan satu ini mengharuskan Anda untuk menilai kebutuhan periklanan klien, dan kemudian merancang media yang cocok digunakan untuk menjangkau target pasar mereka. Salah satu kemampuan yang perlu dimiliki yaitu kemampuan untuk melakukan riset dan menganalisa preferensi dari tiap kalangan. Hal ini juga sesuai dengan latar belakang jurusan Sosiologi yang mempelajari karakteristik tiap kelompok masyarakat.