Kenali Karakter Bisnis Dropship

Last update on .

Fenomena belanja daring atau online shopping tengah melanda dunia. Banyak orang pun beralih dari kebiasaan membeli di toko fisik menjadi di dunia maya. Bemacam keuntungan dan fleksibilitas yang disuguhkan menjadi tawaran yang sangat sayang untuk dilewatkan. Beragam toko online pun bermunculan dan menawarkan keunikan masing-masing.

 

Tidak mengherankan kalau banyak orang yang tertarik untuk membuka usaha di dunia maya. Namun, tahukah Anda bahwa Anda tidak perlu memiliki barang tertentu untuk dapat berjualan di dunia maya? Mungkin hal ini terdengar mustahil, tetapi tidak begitu mustahil jika Anda memakai pola bisnis dropship.

 

Secara sederhana, dropship dapat diartikan sebagai bisnis ritel yang membebaskan pelakunya dari memiliki stok produk. Untuk menjamin ketersediaan barang, Anda bekerjasama dengan pemasok. Pemasok ini bertugas bukan hanya untuk memasok barang kepada Anda untuk dijual, tetapi juga menjaga ketersediaan barang.

 

Cara kerja bisnis ini pun terbilang sederhana. Setelah Anda menerima pesanan dari pembeli, Anda meneruskan informasi pemesanan dan pengiriman kepada pemasok produk. Kemudian, pemasok yang akan langsung mengirimnya kepada pembeli, tanpa melalui Anda. Jadi, Anda tak perlu repot-repot menyiapkan gudang penumpanan atau bahkan menanggapi komplain pembeli. Hal ini karena seluruh proses pengiriman dan pengembalian akan ditangani langsung oleh pemasok barang.

 

Untuk menjadi seorang dropshipper, sudah pasti Anda perlu menghubungi pemasok produk. Selanjutnya mereka akan memberi informasi terkait pemasok produk yang terpercaya bagi Anda.  Mungkin tidak semuanya mau bekerjasama dengan Anda, apalagi jika ini kali pertama Anda bergabung. Namun dengan sedikit kemampuan negosiasi dan komitmen usaha, Anda pasti dapat menemukan pemasok yang sesuai.

 

Bagaimana jika Anda tidak punya waktu atau dana untuk menghubungi produsen? Jangan khawatir. Anda dapat merujuk ke sejumlah marketplace atau bahkan meminta bantuan Google untuk mencari pemasok yang tepat. Pada akhirnya, bisnis dropship dapat menjadi awal mula bagi kesuksesan Anda. Dengan beragam fitur dan keuntungan yang menarik, maka sukses bukan hal yang sulit dicapai dalam bisnis ini.