Langkah Kerja Remote Supaya Tetap Produktif

Last update on .

Hingga kini banyak kantor mengeluarkan kebijakan agar para karyawannya bekerja remote atau work from home (WFH). Karena pandemi COVID-19 di Tanah Air masih berlangsung, maka hal ini merupakan langkah yang bijaksana untuk meredam penyebaran virus. Namun disadari bahwa banyak dari yang mengalami kesulitan untuk tetap produktif saat kerja remote. Sebenarnya tidak perlu khawatir, karena Anda dapat mencoba beberapa tips kerja remote berikut ini.

 

Atur jam kerja Anda

 

Aturlah waktu ketika Anda akan berada ‘di tempat kerja’. Pada jam tersebut memang tidak harus 9-5, tetapi harus sesuai dengan kebutuhan dan jadwal kerja dan hidup Anda. Setelah Anda mengaturnya, patuhi waktu tersebut. Jangan merencanakan makan siang panjang atau janji temu pribadi selama jam-jam ini.

 

Atur jam istirahat Anda

 

Ketika Anda tidak mengerjakan hal-hal tertentu dalam jadwal Anda, saat itulah Anda kehabisan waktu. Tetapi jika Anda merencanakan jam istirahat, maka Anda akan tetap pada tugas dan tepat waktu. Penting bagi Anda untuk mengetahui teknik manajemen waktu mana yang meningkatkan produktivitas Anda dan menurunkan stres Anda.

 

Tentukan spot kerja Anda

 

Tandai semacam spot kerja atau area sendiri. Matikan televisi, dan cobalah untuk turun dari sofa atau tempat tidur Anda. Pergi ke tempat yang sama untuk bekerja setiap hari. Latih otak Anda untuk sadar bahwa area ini adalah tempat pekerjaan Anda dan seluruh rumah Anda adalah tempat kehidupan Anda.

 

Rencanakan hari-hari Anda setiap pagi

 

Susun daftar tugas untuk diri sendiri dari semua tugas pekerjaan yang Anda ingin selesaikan pada hari tertentu. Kemudian cari tahu bagaimana menjatah hari Anda untuk menyelesaikannya. Ini akan menjaga Anda dari menyimpang dari tugas, bahkan ketika gangguan muncul dengan sendirinya. Jangan menunda-nunda, dan Anda akan memiliki peluang bagus untuk menyelesaikan sesuatu.

 

Minimalkan gangguan online

 

Semakin sedikit waktu yang Anda habiskan untuk berselancar di media sosial, Anda akan semakin baik dan produktif. Gunakan program seperti Freedom atau Self Control untuk menjauhkan Anda dari Internet selama jam kerja Anda.

 

Persiapkan diri

 

Pastikan Anda mendapatkan jadwal tidur yang stabil yang melengkapi jadwal kerja Anda dan patuhi itu. Tidur yang cukup. Pastikan untuk mandi, sarapan yang enak, dan makan siang sehat serta camilan sepanjang hari.

 

Buatlah ruang yang tenang

 

Anda mungkin harus memberi tahu teman dan keluarga untuk meninggalkan Anda sendirian selama jam kerja Anda. Beri tahu mereka apa kendala Anda dan mintalah mereka mematuhi jadwal Anda. Ketika orang-orang Anda mengetahui waktu istirahat Anda, mereka akan dapat melatih diri mereka untuk tidak mengganggu di waktu lain.

 

Stay Connect

 

Jangan hanya bekerja sepanjang hari sendirian dan mengirim email ke bos Anda dengan kemajuan. Hubungi rekan kerja untuk mengembangakan hubungan secara online. Jagalah agar diri Anda memiliki beberapa interaksi manusia, baik secara profesional maupun pribadi.

 

Logout setiap hari

 

Setelah selesai pekerjaan Anda, tinggalkan ruang kerja, tutup komputer Anda, dan menjauhlah dari pekerjaan. Ini bahkan lebih penting untuk menjaga batas-batas waktu Anda ketika harus bekerja remote. Jangan sampai akhirnya Anda memeriksa email kantor sebelum tidur.