Sulit Cari Kerja? Ayo Segera Lakukan Hal ini

Last update on .

Mencari pekerjaan di era ini bukan sesuatu hal yang mudah, setiap tahunnya jutaan orang lulus sebagai sarjana dan otomatis jutaan lamaran pekerjaan ditujukan ke berbagai perusahaan di semua bidang. Persaingan begitu ketat membuat Anda untuk menjadi orang yang lebih berkualitas.

 

Banyak aspek mengapa orang-orang sulit mendapat pekerjaan, mungkin saja karena kemampuan yang dimiliki tidak memenuhi standar perusahaan, atau sulit menemukan bidang yang sesuai dengannya, dan masih banyak hal lain lagi. Berikut adalah sejumlah langkah yang harus Anda lakukan jika mengalami mencari kerja.

 

Optimalkan Kualitas Diri

 

Agar dapat bergabung ke sebuah perusahaan tentu Anda mengharapkan posisi yang menjanjikan. Namun terkadang Anda belum cukup mengoreksi diri, apakah kapabilitas Anda untuk mendapatkan posisi tersebut. Sehingga hal yang perlu dilakukan adalah mengoreksi kekurangan diri Anda dan kembangkanlah. Misalnya Anda ingin bergabung di perusahaan bertaraf internasional dan penguasaan bahasa asing Anda belum optimal, maka Anda perlu mengembangkannya.

 

Perluas Jaringan

 

Dalam dunia kerja, jaringan wajib dibangun jika Anda ingin meraih kesuksesan. Saat ingin memasuki dunia karir, maka terus kembangkan koneksi Anda. Baik bersama teman atau orang-orang dalam bidang pekerjaan yang berbeda. Hal tersebut penting karena Anda tidak akan pernah tahu jika mereka dapat menjadi jembatan karir. Jika Anda kesulitan mendapat koneksi, kunjungi berbagai workshop mengenai bidang industri, berkenalan dan jalin hubungan dengan orang-orang dalam bidang industri tersebut.

 

Aktif di Media Online

 

Membangun jaringan tidak hanya dapat dilakukan di dunia nyata, namun juga di dunia online. Maka maksimalkan media sosial untuk memperluas jaringan Anda. Buatlah deskripsi mengenai diri tentang bidang yang Anda minati, jangan ragu untuk membagikan portofolio Anda di media online. Hal tersebut akan membuka peluang di saat ada seseorang atau pihak HRD sebuah perusahaan tertarik dengan hasil karya Anda.