Pentingnya Istirahat di Tengah Kesibukan Kerja

Last update on .

Bekerja seharian, duduk di depan komputer sepanjang hari, atau rasa stres akibat pekerjaan menumpuk, dapat berakibat buruk untuk kesehatan. Salah satu cara untuk tetap sehat saat bekerja adalah dengan mengambil waktu untuk istirahat. Bagi Anda yang banyak bekerja di dalam ruangan dan duduk di depan komputer, tubuh Anda jadi kurang bergerak. Akibatnya, Anda bisa mengalami masalah punggung, tekanan darah, penumpukan lemak, hingga mata lelah.

 

Salah satu alasan mengambil istirahat adalah agar tubuh Anda bergerak, melemaskan otot, dan meregangkan bagian yang terasa pegal. Walaupun hanya 5-10 menit, pergilah berjalan-jalan, naik-turun tangga, atau keluar dari ruangan kantor sejenak. Tak hanya membuat tubuh lebih segar, pikiran Anda juga lebih rileks dan nantinya akan bisa lebih fokus saat kembali bekerja.

 

Saat terlalu lelah bekerja, orang cenderung sulit mengambil keputusan yang bisa memungkinkan pekerjaan menjadi tidak selesai tepat waktu. Ketika otak dan tubuh merasa lelah, motivasi diri akan menurun. Dengan sedikit beristirahat, motivasi pun meningkat kembali.

 

Satu lagi kebiasaan buruk adalah pola makan yang tidak sehat di saat istirahat makan siang. Pekerjaan yang menumpuk atau dikejar deadline membuat sebagian orang mengesampingkan makan siang. Bahkan, banyak yang terpaksa menikmati santap siang di meja kerja. Sehingga tidak memberi waktu bagi tubuh dan pikiran untuk beristirahat.

 

Kebiasaan makan sambil kerja juga membuat mereka yang seharusnya dapat menghabiskan makanan di piring dalam 15 menit, akhirnya baru menyelesaikan makannya hingga berlama-lama. Tentu saja hal ini, membuat penyerapan nutrisi makanan dalam tubuh menjadi terganggu.

 

Banyak pekerja yang bekerja berjam-jam tanpa istirahat, makan pun sambil kerja di depan komputer. Hal ini akan memberikan efek buruk terhadap kesehatan, karena membiarkan tubuh dan pikiran bekerja lebih 10 jam tanpa istirahat, berpotensi meningkatkan risiko pembekuan darah.

 

Istirahat yang teratur tidak hanya menghilangkan rasa lelah, tetapi juga memiliki korelasi dengan peningkatan produktivitas seseorang. Istirahat yang baik tidak hanya bisa dilakukan dengan duduk saja. Sambil berjalan pun sama baiknya. Bukan mustahil ide kreatif justru muncul saat istirahat sambil berjalan-jalan.