Menciptakan Atmosfer Positif di Tempat Kerja

Last update on .

Menjadi pegawai di suatu perusahaan, Anda juga memungkinkan untuk berperan dalam menciptakan atmosfer positif di kantor. Divisi personalia tentu bertugas untuk membangun budaya perusahaan supaya lebih baik, namun setiap pegawai pun memiliki peran yang serupa untuk menciptakan suasana kerja yang lebih positif. Mari simak sejumlah hal sederhana yang dapat Anda lakukan dalam membangun budaya kerja yang positif di tempat kerja Anda.

 

Merayakan Kesuksesan

 

Makan malam bersama di akhir tahun memang sudah menjadi tradisi di banyak perusahaan. Namun suatu waktu Anda boleh merayakan keberhasilan tim atau proyek dengan cara mengasyikan. Sebagai contoh, makan siang bersama di luar kantor atau mentraktir kopi untuk satu tim. Setiap perayaan kecil yang dilakukan tersebut diharapkan dapat menjadi motivasi untuk mencapai tujuan selanjutnya.

 

Tumbuhkan Kepercayaan

 

Memberikan kebebasan kepada karyawan merupakan hal yang penting untuk menumbuhkan kepercayaan dan memotivasi. Karena jika karyawan terus-terusan diatur dan diperintah, maka akan timbul tendensi mereka malah akan merasa tidak dihargai dan kurang kreatif dalam memecahkan masalah. Berikan kebebasan kepada karyawan dengan mengajak mereka untuk brainstorming atau meminta masukan terhadap proyek yang sedang digarap.

 

Sampaikan Kritik Secara Personal

 

Memberikan kritik dan memarahi anggota tim di depan semua orang merupakan hal yang kurang bijaksana. Bukannya melakukan introspeksi dan memperbaiki kesalahan mereka, karyawan malah akan merasa sangat malu. Mereka juga berpotensi untuk kehilangan rasa hormat terhadap Anda. Jika anggota tim melakukan kesalahan, sebaiknya tegur secara empat mata dan berikan kritik yang membangun, bukan hanya meluapkan emosi. Manfaatkan evaluasi, baik di pertengahan tahun maupun di akhir tahun, untuk menyampaikan apresiasi dan juga tanggapan terhadap performa karyawan.

 

Hindari Tekanan

 

Membuat khawatir karyawan akan berbagai risiko dan kegagalan bukan cara yang tepat untuk memotivasi mereka. Ingatkan kepada anggota tim bahwa kegagalan dan risiko bukan suatu hal untuk ditakuti. Sehingga setiap anggota tim dapat berani untuk menghadapi tantangan dan risiko, serta mendorong mereka untuk menyiapkan solusi jika menghadapi hambatan maupun rintangan pekerjaan.

 

Bersikap Fleksibel

 

Budaya kerja di era sekarang yang semakin fleksibel justru dapat mempermudah Anda untuk menciptakan lingkungan positif yang menyenangkan. Sediakan waktu luang untuk melakukan foto tim lengkap dengan pakaian khusus atau adakan acara makan siang dengan menghimbau anggota tim untuk membawa makanan yang nantinya bakal disantap bersama di kantor.