Sukses Menjadi Reseller Toko Online

Last update on .

Membuat toko online di jaman sekarang ini menjadi hal yang diinginkan oleh banyak orang, namun dilihat dari ukuran keberhasilannya masih belum banyak yang mampu memaksimalkan platform yang telah mereka miliki itu. Mayoritas mereka yang membuka toko online biasanya mengalami kesulitan dalam mempromosikan toko mereka tersebut, termasuk mencari cara lain yang dapat meningkatkan penjualan.

 

Oleh karenanya beberapa dari mereka pun membuka program reseller bagi orang-orang yang ingin membuka usaha tetapi kesulitan mengumpulkan modal dan minim pengetahuan untuk membuka online shop milik anda sendiri.

 

Beberapa alternatif metode juga ditawarkan, mulai dari yang memadukan dengan sistem dropship hingga yang menggunakan sistem reseller tradisional yang mengharuskan Anda untuk membeli stok barang terlebih dahulu dengan harga yang sudah disesuaikan. Jika Anda tertarik untuk mengambil peluang bisnis tersebut, maka di dalam pembahasan Karirgogo.com akan dijelaskan mengenai apa saja yang dibutuhkan untuk menjadi reseller yang sukses.

 

Reseller adalah suatu metode bisnis di mana Anda akan menjual produk milik penyedia atau supplier kepada calon pelanggan yang Anda sasar dan memang membutuhkan produk yang Anda jual tersebut. Dengan menjalankan metode ini, Anda tidak perlu untuk memproduksi suatu barang, dan bahkan bisa jadi tidak perlu mengurus stok serta penyimpanan dari produk tersebut, hingga tidak perlu juga mengurus pengirimannya kepada pelanggan.

 

Ada banyak keuntungan yang dapat Anda dapatkan dengan menjadi reseller, yang mana salah satu yang paling utama adalah minimnya modal yang Anda keluarkan untuk menjalaninya, atau bahkan bisa tanpa memerlukan modal sama sekali. Jika Anda bekerja sama dengan supplier yang menerima reseller dengan metode dropship, maka Anda pn tidak direpotkan dengan penyimpanan barang serta pengiriman pesanan kepada pelanggan.

 

Menjalani peran sebagai reseller, ada beberapa hal yang perlu diketahui agar bisnis yang sedang atau akan Anda jalani tersebut dapat semakin berkembang di kemudian hari.

 

Pilih Produk yang Tepat

 

Pilihlah produk yang tepat dan sesuai dengan Anda. Bukan berarti Anda tidak bisa menjual produk yang belum pernah digunakan sebelumnya, namun akan lebih baik jika Anda menjual suatu barang yang sudah sering dipakai. Hal ini akan memudahkan Anda dalam mengetahui spesifikasi serta kelebihan dan kekurangan dari suatu produk.

 

Memilih Supplier

 

Salah satu hal yang mempengaruhi cara menjadi reseller yang sukses adalah kemampuan Anda dalam memilih dan menentukan mana saja supplier yang akan dijadikan sebagai rekanan. Anda juga harus dapat memastikan bahwa penyedia barang tersebut memiliki kualitas produk yang baik dan terjamin.

 

Menjual Produk

 

Langkah selanjutnya adalah bagaimana sebaiknya Anda menjual dengan tepat dan efektif. Untuk harga jual, tentu Anda menjual di atas harga yang dikenakan oleh supplier guna memperoleh laba. Anda perlu memperhatikan dan mengamati bagaimana strategi pemasaran yang dilakukan oleh kompetitor. Anda dapat membuka toko fisik alias offline, yang tentunya memerlukan biaya yang tidak sedikit. Alternatifnya ialah membuka toko online yang khusus menawarkan produk-produk milik supplier yang Anda jual, termasuk di media sosial.

 

Evaluasi

 

Serupa pada aktivitas usaha pada umumnya, Anda perlu untuk selalu melakukan evaluasi atas setiap kegiatan yang dilakukan guna menghasilkan penjualan dari produk yang dipasarkan tersebut. Mulai dari kinerja supplier, mengkaji ulang harga jual produk, tak ketinggalan mengevaluasi kegiatan promosi dan pemasaran. Kesemua hal tersebut sangat perlu untuk dilakukan agar Anda dapat lebih mengalokasikan waktu serta anggaran untuk strategi yang lebih berdampak kepada penjualan produk.