Deretan Jenis Pekerjaan yang Sesuai Dengan Kepribadian

Last update on .

Banyak hal yang menjadi pertimbangan bagi seseorang dalam memilih pekerjaan yang akan dijalaninya. Lazimnya orang akan mempertimbangkan nominal gaji, lingkungan pekerjaan, tujuan karir, dan fasilitas yang diperoleh. Dari semua hal yang menjadi pertimbangan untuk memilih jenis pekerjaan, salah satu hal yang sangat penting adalah kepribadian diri.

 

Kepribadian sangat mempengaruhi kecocokan seseorang dengan pekerjaan yang digeluti. Jika Anda mendapatkan pekerjaan dengan kepribadian dan lingkungan kerja, maka Anda tentu lebih optimal dalam mengembangkan diri untuk mencapai kesuksesan. Memilih pekerjaan yang mendukung kepribadian Anda, maka aktivitas bekerja pun akan berlangsung lebih efektif. Anda pun akan merasa lebih nyaman mengekspresikan diri dan melakukan kebiasaan di lingkungan kerja. Berikut ialah sejumlah jenis pekerjaan yang sesuai dengan kepribadian Anda

 

Pengusaha                

 

Sosok yang berkepribadian enterprising sangat menggemari lingkungan dan jenis pekerjaan yang kompetitif. Jika Anda suka memimpin, mempengaruhi orang lain, menjual sesuatu pada orang lain, maka Anda dapat dipastikan masuk dalam golongan kepribadian ini. Contoh jenis pekerjaan yang cocok untuk kepribadian ini adalah manajer, marketing, serta sales person.

 

Sosial

 

Jenis kepribadian sosial atau penolong menyukai jenis pekerjaan yang berhubungan dengan orang lain, seperti menolong, menyembuhkan, atau mengembangkan orang lain. Orang yang memiliki kepribadian sosial biasanya bersifat mudah bekerjasama, ramah, mudah bergaul, dan memahami orang lain dengan baik. Contoh jenis pekerjaan yang cocok dengan kepribadian sosial adalah penasihat, dokter, dan guru.

 

Pengatur

 

Jenis kepribadian pengatur atau organizer ini menyukai pekerjaan yang memiliki presisi, aturan yang mengikat, serta aktivitas yang jelas. Selain itu, seorang organizer mempunyai ciri-ciri praktis, tidak suka berimajinasi, serta kurang fleksibel. Pekerjaan yang cocok dengan kepribadian ini adalah akuntan, pramuniaga, serta seorang editor.

 

Artistik

 

Seseorang yang artistik menyukai hal-hal yang kreatif, orisinal, serta jenis pekerjaan yang tidak memerlukan aturan dan sistematika. Para orang-orang artistik sangat membutuhkan lingkungan dan jenis pekerjaan yang membolehkan mereka untuk mengekspresikan diri secara kreatif. Mereka memiliki karakter imajinatif, emosional, serta idealis. Jenis pekerjaan yang cocok dengan jenis kepribadian ini adalah seniman, musisi, serta penulis.

 

Investigatif

 

Tipikal orang-orang investigatif ialah sangat suka berpikir. Mereka menyenangi jenis pekerjaan yang melibatkan teori dan informasi. Selain itu mereka juga suka mengorganisir dan mempelajari sesuatu. Ciri-ciri kuat dari para investigatif adalah analitikal, memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, dan independen. Contoh jenis pekerjaan yang cocok dengan para investigatif adalah pengacara, ahli matematika, serta ilmuwan.

 

Realistis

 

Seorang yang realistis cenderung menyenangi jenis pekerjaan yang banyak melibatkan fisik yang membutuhkan keahlian, kekuatan, dan koordinasi. Ciri-ciri orang-orang realistis adalah bersifat sungguh-sungguh, tulus, stabil, serta praktis. Jenis pekerjaan yang cocok untuk orang yang realistis adalah arsitek, petani, dan insinyur.