Karir Tepat Bagi Pecinta Hewan

Last update on .

Apakah Anda menyukai hewan? Pernahkah Anda berpandangan untuk menemukan karir yang tepat agar Anda memungkinkan bekerja dengan mereka? Coba bayangkan hari-hari Anda dihabiskan untuk memenuhi kebutuhan teman berbulu tersebut. Jika ingin mempunyai karir yang berkaitan dengan hewan, Anda memiliki banyak opsi untuk dipilih.

 

Pilihan yang tersedia sangat berbeda satu sama lain, hal ini tentu saja dalam hal tanggung jawab, pendidikan dan pelatihan, serta penghasilan. Untuk mengetahuinya, mari simak beberapa pilihan karir berikut.

 

Dokter Hewan

 

Dokter hewan adalah tenaga kesehatan yang memberikan perawatan medis pada hewan. Beberapa mengkhususkan diri dalam merawat hewan peliharaan, ternak, kebun hewan, hewan olah raga, atau laboratorium. Dokter hewan bekerja di rumah sakit dan klinik hewan bersama asisten veteriner. Mereka adalah anggota yang mendapat kompensasi paling tinggi dari fasilitas tersebut, namun juga memiliki tanggung jawab dan persyaratan pendidikan terbesar.

 

Jika Anda ingin bekerja dalam profesi kesehatan ini, Anda harus mendapatkan gelar Sarjana Kedokteran Hewan (S.K.H.) universitas yang terakreditasi. Selanjutnya, Anda harus menempuh program Pendidikan Profesi Dokter Hewan untuk mendapatkan gelar drh.

 

Teknisi Veteriner

 

Teknisi veteriner membantu dokter hewan mendiagnosis dan merawat hewan. Mereka kadang-kadang disebut sebagai ahli teknologi veteriner walaupun terdapat perbedaan halus antara kedua pekerjaan tersebut. Teknisi veteriner, demikian mereka biasa disapa, melakukan prosedur klinis dan laboratorium. Mereka membantu dokter hewan dalam melakukan pemeriksaan, melakukan rontgen, dan mempersiapkan hewan untuk operasi.

 

Teknisi veteriner umumnya bekerja dalam mendukung langsung upaya diagnosis dan pembedahan hewan. Meskipun mereka tidak dapat memberikan resep, diagnosis formal, atau perawatan bedah independen, teknisi veteriner tetap penting bagi orang dan hewan yang mereka layani.

 

Asisten Dokter hewan

 

Asisten dokter hewan melaksanakan berbagai tugas dasar seperti memberi makan, memandikan, dan melatih hewan dalam perawatannya. Mereka membersihkan dan menyiapkan ruang pemeriksaan dan operasi di fasilitas kesehatan hewan. Terkadang mereka mengumpulkan sampel darah dan urin. Dokter hewan dan teknisi yang melakukan supervisi terhadap mereka.

 

Anda tidak perlu mengikuti pelatihan formal untuk mendapatkan pekerjaan sebagai asisten dokter hewan meskipun beberapa pemberi kerja lebih memilih untuk mempekerjakan orang yang memiliki pengalaman menangani hewan.

 

Pelatih Hewan

 

Pelatih hewan mendidik anjing, kuda, dan hewan laut untuk berperilaku dengan cara tertentu. Mereka mempersiapkan mereka untuk keamanan, keselamatan, kinerja, kepatuhan atau membantu penyandang disabilitas.

 

Untuk bekerja dalam pekerjaan ini seseorang biasanya membutuhkan setidaknya ijazah sekolah menengah atas atau yang sederajat, meskipun gelar sarjana diperlukan untuk beberapa pekerjaan. Anda bisa mendapatkan sertifikasi, tetapi itu bukanlah sesuatu yang mutlak.

 

Groomer

 

Groomer membantu memastikan penampilan hewan peliharaan terjaga dengan baik. Mereka keramas dan memotong bulu mereka, memotong kuku dan menyikatnya. Mereka bekerja untuk bisnis perawatan, penampungan hewan, klinik, dan toko hewan peliharaan. Anda bisa menjadi groomer dengan mendapatkan pelatihan melalui magang.