Mau Jadi Reseller? Kenali Dulu Cara Kerjanya

Last update on .

Semakin pesatnya transaksi yang dilakukan secara online, maka terus berkembang pula cara yang dilakukan untuk mendongkrak potensi yang meningkat tersebut, salah satunya adalah dengan menjadi seorang reseller.

 

Cara ini sangat diminati oleh banyak orang, karena dalam menjalaninya dapat dilakukan mulai dari tanpa modal maupun minim modal. Metode reseller ialah aktivitas berniaga dengan menjual kembali barang atau jasa yang disediakan oleh pihak lain melalui harga yang lebih tinggi, atau dengan harga khusus yang telah ditetapkan oleh pihak yang menyediakan barang atau jasa itu.

 

Reseller bertindak sebagai perantara antara pencari produk atau jasa dengan pihak yang memiliki produk atau jasa tersebut. Nantinya reseller akan menambahkan biaya tambahan atas pekerjaan mencarikan produk atau jasa itu.

 

Yang membedakan dengan metode bisnis serupa lainnya seperti broker adalah seorang reseller tidak hanya mencarikan produk atau jasa yang sedang dicari oleh orang lain saja, namun dapat juga menjual suatu produk atau jasa milik penyedia atas inisisatif sendiri.

 

Tempat melakukan aktivitas bisnisnya pun tidak selalu hanya menggunakan metode offline seperti menyewa outlet, ruko, ataupun kios saja. Karena Anda dapat menjual produk atau jasa tersebut secara online melalui marketplace, maupun media sosial. Cara memasarkan produk atau jasa yang ditawarkan juga sangat beragam.

 

Ada banyak macam usaha yang bisa dilakukan dengan metode reseller ini, karena memang sifatnya yang tidak terbatas hanya untuk produk saja, karena Anda juga dapat menawarkan jasa milik orang lain tentunya dengan kesepakatan sebelumnya dengan penyedia jasa tersebut.

 

Karenanya, metode reseller merupakan metode yang tidak memiliki batasan, dan bahkan hampir keseluruhan penjual menerapkan metode ini, terutama bagi mereka yang belum memiliki modal untuk membeli perangkat produksi atau tidak mau direpotkan dengan proses produksi tersebut.