Tips Kerja Nyaman Saat Bekerja di Depan komputer

Last update on .

Komputer menjadi bagian mutlak dari setiap pekerjaan di masa kini. Semua aktivitas pekerjaan memerlukan bantuan komputer, baik itu untuk mengetik ataupun mengirim data. Bahkan untuk mencari hiburan di waktu senggang jam kantor pun juga menggunakan komputer. Entah itu untuk browsing kebutuhan hidup hingga mendengarkan musik favorit di laman video.

 

Namun harus disadari pula, terlalu lama bekerja di depan komputer juga tidak baik untuk kesehatan. Tidak hanya mata, namun bermacam organ dalam tubuh lainnya juga akan terkena dampaknya. Untuk itu, ada baiknya melakukan sejumlah hal ini bagi Anda yang menghabiskan hampir sebagian harinya di depan komputer.

 

Jalan Kaki

 

Luangkan beberapa menit dari waktu kerja Anda di depan komputer dengan berjalan kaki. Idealnya jalan kaki tidak hanya dilakukan sekali, namun setiap satu jam sekali. Ini untuk menghindari pegal-pegal dan memberikan waktu mata dan pikiran Anda untuk beristirahat.

 

Pilih Cemilan Bermanfaat

 

Seringkali sembari bekerja di depan komputer, kopi dan cemilan adalah sahabat Anda. Nah, kali ini coba untuk ganti keduanya dengan menu yang lebih sehat. Mungkin dengan mengonsumsi buah dan juga air putih yang cukup.

 

Perhatikan Jarak Monitor

 

Mata adalah organ paling rentan yang akan terkena efek negatif dari komputer. Untuk itu atur jarak monitor komputer dengan mata Anda, minimal berjarak 1 lengan. Tidak hanya itu, besarkan ukuran font jika jaraknya dianggap terlalu jauh.

 

Atur Posisi Duduk

 

Selain mengatur jarak monitor dengan mata Anda, selanjutnya ialah atur posisi duduk Anda senyaman dan serileks mungkin. Usahakan duduk tegak tidak membungkuk dan ubah posisi duduk Anda setiap satu jam sekali.

 

Mulai biasakan kebiasaan baru ini selama Anda bekerja di depan komputer. Semoga Anda selalu terhindar dari efek negatifnya, selamat mencoba!