Kenali Pertanda Rasa Cemas yang Berlebihan

Last update on .

Setiap orang pasti pernah merasakan rasa cemas. Rasa gugup dan cemas seperti saat memulai berbicara di depan umum, atau ketika sedang memiliki kesulitan keuangan, maupun saat melakukan perkerjaan. Bagi sebagian orang, rasa cemas adalah hal biasa, namun bagi beberapa lainnya, kecemasan bisa berlebihan bahkan hingga mempengaruhi aktivitas sehari-hari.

 

Kecemasan berlebih pasti sangat mengganggu, mungkin bisa juga disebut gangguan psikologis. Oleh karenanya, sangat perlu untuk mengetahui dan memeriksa tanda-tanda memiliki rasa cemas berlebih ini pada diri Anda. Berikut ialah beberapa pertanda tersebut.

 

Khawatir Berlebihan

   

Generalized Anxiety Disorder (GAD) atau khawatir berlebih tentang apa saja adalah pertanda yang paling terasa. Namun yang perlu diperhatikan adalah sejauh mana batas berlebih itu. Dalam kasus GAD, berlebih itu berarti bisa memiliki pikiran khawatir terus menerus setiap hari, bahkan hingga berminggu-minggu selama lebih dari 6 bulan. Selain itu juga terlihat seperti kelelahan.

 

Gangguan Tidur

   

Gangguan tidur sering kali dikaitkan dengan berbagai kondisi kesehatan, baik itu fisik dan psikologis. Bahkan kadang satu malam sebelum Anda melakukan presentasi atau wawancara kerja pun suka sulit tidur. Tetapi jika sudah kronis gangguan tidur bisa jadi pertanda Anda memiliki kecemasan berlebih.

 

Seperti saat Anda berbaring namun tetap cemas dan gelisah tentang masalah-masalah tertentu. Atau tanpa sebab khusus tiba-tiba merasa cemas saat di tempat tidur. Atau beberapa kecenderungan lainnya, saat bangun tidur Anda merasa aneh, pikiran seperti diburu waktu dan tidak dapat menenangkan diri.

 

Ketakutan Tidak Masuk Akal

   

Beberapa masalah kecemasan kadang tidak masuk akal. Kondisi tersebut biasanya terkait situasi-situasi tertentu seperti saat terbang, berhadapan dengan hewan tertentu dalam skala besar. Jika kecemasan itu menjadi sebuah ketakutan yang luar biasa mengganggu itu tandanya Anda mengidap Fobia, salah satu jenis gangguan kecemasan.

 

Gangguan Pencernaan Kronis

   

Kecemasan memang dimulai dari dalam pikiran. Namun sering pula kecemasan terlihat mulai dari dalam tubuh melalui gejala fisik. Masalah-masalah seperti pencernaan kronis, Irritable bowel syndrome (IBS) atau sindrom iritasi usus yakni kondisi yang ditandai oleh sakit perut, kram, kembung atau diare bisa jadi pertanda Anda memiliki kecemasan berlebih.

 

Meski tidak selalu terkait, IBS dan rasa cemas secara bersamaan bisa membuat kondisi memburuk. Usus sangat sensitif terhadap stres dan psikologis, sebaliknya ketidaknyamanan fisik dan sosial dari masalah pencernaan kronis dapat membuat seseorang merasa lebih cemas.