Tetap Jalani Leadership Walaupun Kerja Dari Rumah

Last update on .

Diberlakukannya kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar, sebagian besar perusahaan pun turut menerapkan work from home (WFH) atau bekerja di rumah bagi para karyawannya. Bagi beberapa perusahaan, WFH dapat meningkatkan produktivitas walau ada beberapa tantangan yang harus dihadapi.

 

Tantangan yang kerap datang, tidak hanya dialami oleh para karyawan saja, tetapi juga para leader, baik pemimpin perusahaan maupun tim kerja. Bahkan, para leader terkadang merasa lebih kerepotan dalam mengatur kinerja timnya.

 

Untuk itu diperlukan kemampuan leadership yang maksimal dalam memimpin tim selama WFH. Leadership merupakan salah satu kemampua untuk memberi pengaruh, mengarahkan, memotivasi, dan mengawasi orang lain atau tim, dalam menyelesaikan berbagai pekerjaan yang sudah direncanakan.

 

Menjalani leadership selama WFH, memimpin tim secara virtual memang berbeda. Jika bekerja di kantor, Anda dapat bertemu langsung dengan tim dan membahas masalah secara cepat. Namun, sekarang mungkin ada keterlambatan waktu, mungkin karena chat yang tak langsung dibalas atau koneksi internet yang kurang sempurna.

 

Setidaknya ada beberapa tips yang dapat Anda terapkan ketika menjalani leadership selama WFH, mari simak apa saja langkahnya.

 

Jalani Virtual Bonding Secara Rutin

 

Jarang bertemu langsung dengan tim kerja dapat membuat hubungan menjadi lebih renggang. Oleh karenanya, lakukan team bonding paling tidak seminggu sekali. Tidak hanya sekedar rapat saja, tapi tanyakan pula kabar, bercanda, mengobrol, hingga makan bersama melalui video chat.

 

Lakukan Komunikasi dengan Baik

 

Melakukan leadership selama WFH, bukan berarti Anda tidak memperhatikan anggota tim. Tapi pastikan frekuensi komunikasi tetap berjalan seperti biasa. Ambil insiatif untuk mengontak rekan kerja, berkomunikasi, dan lain sebagainya. Sehingga jika ada kendala dalam hal pekerjaan, Anda dapat mengetahui dan memecahkannya secara cepat.

 

Buat Anggota Tim Merasa Terlibat

 

Hal ini berlaku terutama bagi karyawan baru. Kalau anggota tim merasa tidak terlibat, lama-kelamaan mereka pun akan merasa kurang dihargai. Karena banyak orang tidak hanya bekerja untuk mendapatkan uang saja, tetapi juga ingin dirinya turut berkembang.

 

Beradaptasi Dengan Teknologi

 

Pengunaan aplikasi dan software memang dapat membantu pekerjaan, seperti dalam hal meeting. Selama WFH, pastikan Anda dapat beradaptasi dalam mengoperasikan teknologi dasar yang dibutuhkan untuk menunjang pekerjaan.

 

Tentukan Strategi yang Jitu

 

Perusahaan sering mengadakan meeting setiap beberapa minggu sekali untuk membicarakan perkembangan pekerjaan. Pastikan semua anggota tim memahami hal yang dibicarakan. Jadi bukan sekedar absen muka saja. Upayakan anggota tim mengerti startegi dan rencana kantor meski secara virtual. Ini bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran maupun penyampaian ide.

 

Dukung Tim Untuk Berkembang

 

Leadership virtual yang efektif adalah pemimpin yang mendorong anggotanya untuk terus berkembang. Contohnya dengan melakukan kolaborasi dengan divisi lain. Jika Anda dapat menunjukkan hal tersebut, maka anggota tim akan senang membagikan berbagai ide kreatif untuk kemajuan tim dan perusahaan.