Ide Kreatif HRD Guna Optimalkan Produktivitas Pekerja

Last update on .

Produktivitas menjadi salah satu faktor penting untuk menunjang pekerjaan karyawan sebuah perusahaan. Karena karyawan yang memiliki produktivitas tinggi, cenderung lebih bersemangat dalam menyelesaikan seluruh pekerjaannya, sehingga hasilnya pun dapat lebih maksimal.

 

Namun, bagaimana jika karyawan sedang kurang produktif? Bisa jadi, ini disebabkan karena mereka merasa kurang semangat dan tidak nyaman di tempat bekerja. Solusinya, Human Resources Departement (HRD) atau Personalia dapat membuat kondisi kerja menjadi lebih nyaman dengan melakukan berbagai hal dan ide kreatif, guna meningkatkan produktivitas kerja karyawan.

 

Lingkungan Kerja Nyaman

 

Lingkungan kerja yang nyaman tidak melulu menyangkut rekan kerja atau atasan saja. Melainkan, termasuk ruangan tempat karyawan bekerja. Memang terkadang tidak semua kantor dapat diubah tingkat kenyamanannya, namun setidaknya kebersihan dan pencahayaan ruangan dapat dimaksimalkan. Perhatikan juga warna dinding di kantor, karena dapat mempengaruhi suasana hati karyawan ketika bekerja. Jangan lupa perhatikan sirkulasi udara dan suhu ruangan.

 

Jadwalkan Pelatihan

 

Memberikan pelatihan atau training bagi karyawan merupakan salah satu tugas dari HRD. Tujuannya, agar keterampilan dan pengetahuan karyawan semakin meningkat. Secara tidak langsung, hal ini dapat meningkatkan semangat dan produktivitas karyawan, sehingga mereka mampu bekerja lebih giat lagi.

 

Berikan Dukungan Positif

 

Dalam bekerja tentu ada kritik. Suka atau tidak suka, karyawan pun tentu harus menerimanya. Terkadang, ada kritikan yang justru kurang membangun dan membuat mental karyawan jatuh. Solusinya, berikan motivasi berupa kata positif dan dukungan yang dapat membuat karyawan lebih bersemangat dalam bekerja dan semakin percaya diri.

 

Buatlah Penghargaan

 

Ide kreatif yang bisa dilakukan oleh HRD selanjutnya ialah memberikan penghargaan kepada karyawan. Ini dapat berupa kalimat pujian yang dapat memotivasi karyawan. Atau, dalam bentuk sertifikat atau apapun itu yang membuat karyawan merasa dihargai.

 

Siapkan Bonus atau Insentif

 

Walaupun tujuan utama karyawan dalam menyelesaikan pekerjaan bukan soal bonus. Namun memberikan bonus dapat dilakukan sebagai penyemangat kerja. Ide kreatif ini merupakan hal yang baik dilakukan sebagai bentu apresiasi bagi pencapaian karyawan.

 

Libur atau Cuti

 

Jika divisi HRD melihat salah satu karyawan yang jenuh, kurang semangat, atau kurang termotivasi, maka HRD dapat memanggilnya dan membicarakan hal tersebut. Kemudian, HRD juga dapat memberikan cuti atau libur bagi karyawan tersebut. Libur atau cuti dapat memberikan perspektif baru bagi karyawan, sehingga pikirannya menjadi lebih segar dan siap bekerja kembali.

 

Buat Suasana Akrab

 

Menciptakan acara keakraban di kantor bertujuan supaya antar divisi dapat mengenal satu sama lain. Namun karena saat ini pandemi COVID-19 masih berlangsung, sebaiknya lakukan acara keakraban secara virtual saja. Jadi, himbauan jaga jarak dapat tetap diterapkan.

 

Sejumlah ide kreatif yang dapat dilakukan HRD agar para karyawan semakin semangat dan termotivasi dalam bekerja. Selamat mencoba ya!