Lokasi Tak Terduga Berjumpa Klien Maupun Relasi Baru

Last update on .

Jika Anda sedang merintis bisnis atau ingin mencari proyek yang baru, mestinya juga memiliki sederet cara untuk melakukan networking. Hal ini amat penting, karena semakin banyak kenalan relasi, maka semakin besar pula peluang Anda untuk mendapatkan klien baru, mitra bisnis, atau mungkin proyek baru. Untuk menjalin networking yang baru, tidak selalu harus membuat janji untuk bertemu. Anda dapat saja secara tak sengaja bertemu relasi baru saat berada di tempat yang tak terduga.

 

Kantor lama

 

Mampir ke kantor lama tempat Anda pernah bekerja, tak hanya sekadar nostalgia dengan rekan kerja yang dulu, namun juga bisa semakin membuka peluang networking. Manfaatkan jaringan pertemanan Anda untuk mencari calon klien, rekan bisnis, atau juga proyek kerja yang baru.

 

Tempat publik

 

Anda harus selalu siap untuk menyapa dan mengobrol santai dengan orang baru di dekat Anda. Tak hanya melatih kemampuan berkomunikasi, tapi juga bisa membuka peluang Anda untuk mendapatkan networking baru.

 

Lokasi meeting bisnis

 

Tempat meeting bisnis tak selamanya harus di kantor. Saat Anda mengatur janji dengan klien untuk meeting di luar kantor, carilah tempat yang memang sering dipakai untuk meeting bisnis. Bisa saja di restoran atau hotel, bahkan Anda dapat menjaring relasi dan klien baru yang juga sedang melakukan meeting di sana.

 

Rumah teman

 

Di sela-sela obrolan akrab dengan sahabat atau keluarga di rumah mereka, Anda bisa saja cerita bahwa saat ini sedang mencari tempat kerja baru, sedang menjalankan sebuah proyek, atau mulai menjalankan bisnis baru, dan Anda membutuhkan klien serta relasi. Mungkin saja, ada teman atau anggota keluarga yang bisa membantu dan mengenalkan Anda dengan relasi mereka.

 

Yang paling penting, Anda harus memanfaatkan kesempatan yang ada untuk memperluas networking. Anda bisa saja bertemu klien dan relasi di tempat-tempat yang tak terduga. Oleh karenanya Anda harus memaksimalkan peluang ini seoptimal mungkin.