Tips Tingkatkan Fokus Jelang Wawancara Kerja

Last update on .

Wawancara atau interview adalah satu tahap penting yang patut dilalui ketika melamar pekerjaan. Di waktu inilah seseorang akan dinilai apakah kapabilitas yang dimiliki sesuai dengan jenis pekerjaan yang ditawarkan. Oleh karenanya, perlu persiapan khusus yang harus dilakukan supaya tetap fokus menjelang wawancara kerja. Mari simak sejumlah tips yang telah dirangkum oleh Karirgogo.com untuk Anda.

 

Latihan di depan cermin

 

Wawancara ini dapat dibilang sebagai momen untuk unjuk diri di hadapan sebuah perusahaan, jadi Anda harus mempersiapkannya dengan baik. Awali dengan ajin berlatih berbicara di depan cermin, khususnya dalam menyampaikan kelebihan dan kemampuan yang Anda miliki. Sering latihan tak hanya dapat meningkatkan kepercayaan diri saja, namun juga melatih konsentrasi sehingga jawaban yang nanti Anda sampaikan pun selalu tepat.

 

Gali informasi seputar perusahaan

 

Cari tahu sebanyak mungkin mengenai perusahaan yang Anda lamar, terutama sejarah dan bidang kerja yang akan dituju. Saat ini Anda dapat dengan mudah mendapatkan informasi tersebut berkat adanya internet, media sosial, maupun situs web perusahaan tersebut. Dengan menggali informasi seputar perusahaan itu, Anda bakal dinilai sebagai pelamar yang antusias terhadap pekerjaan yang ditawarkan.

 

Percaya diri dengan kemampuan yang dimiliki

 

Percaya diri menjadi salah satu aspek yang amat menentukan suksesnya wawancara kerja. Selain percaya diri dengan kemampuan yang dimiliki, Anda juga harus dapat menjelaskan apa kekurangan dalam diri. Tapi sertai juga solusi bagaimana mengatasi kekurangan Anda itu.

 

Istirahat cukup

 

Upayakan untuk istirahat lebih awal di malam hari, agar dapat memenuhi kebutuhan waktu beristirahat selama 6 hingga 8 jam sehari. Sehingga saat wawancara di keesokan harinya, badan Anda terasa segar dan fit. Bukan hanya membuat badan menjadi lebih segar, beristirahat dengan cukup juga akan meningkatkan fokus Anda saat menjawab berbagai pertanyaan yang diajukan.

 

Penampilan yang rapi dan sopan

 

Pastikan Anda sudah mempersiapkan segala sesuatunya sehari sebelum wawancara berlangsung, mulai dari kemeja, celana, rok, sepatu, dan segala macamnya. Jaga penampilan rambut dengan rapi dan usahakan untuk mengenakan pakaian yang sopan dan terpelajar. Meski saat ini sudah banyak perusahaan yang bekerja dalam bidang kreatif yang membebaskan karyawannya dalam berpakaian, namun cara berpakaian seseorang juga bisa dikatakan sebagai salah satu cara untuk menghargai orang lain.