Shift Malam? Ini Cara Jaga Stamina Tubuh

Last update on .

Memang pada umumnya kebanyakan orang mulai beraktivitas dan menuju tempat kerja di pagi hari, namun ternyata tak sedikit juga yang justru baru mulai bekerja di malam hari hingga keesokan paginya. Tidak hanya dituntut untuk dapat menjaga rasa kantuk, mendapat shift malam hari juga membuat kita harus lebih rajin lagi dalam menjaga stamina.

 

Untuk tetap dapat menyelesaikan pekerjaan dengan baik ketika mendapat shift malam, mari simak beberapa cara berikut ini untuk menjaga stamina dan kesegaran tubuh Anda.

 

Maksimalkan Waktu Istirahat

 

Dengan memaksimalkan waktu istirahat, yaitu tidur selama 6-8 jam setelah menyelesaikan shift malam, maka banyak manfaat yang dapat dirasakan saat mendapatkan istirahat yang cukup. Mulai dari  mengurangi risiko penyakit kronis (ginjal, jantung, stroke), meningkatkan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan suasana hati, dan pastinya meningkatkan stamina yang akan membua Anda tetap produktif saat beraktivitas.

 

Power Nap

 

Tak hanya istirahat cukup, Anda juga bisa menikmati power nap selama 20-30 menit di sore hari sebelum mulai berangkat kerja. Walau sebentar, namun power nap ini juga mampu memberikan dampak positif bagi kesehatan tubuh, di antaranya adalah untuk relaksasi, mengurangi rasa lelah, meningkatkan mood, dan memulihkan tenaga terutama usai menyelesaikan shift malam.

 

Olahraga

 

Memiliki banyak waktu luang saat pagi menjelang petang dapatmenjadi satu keuntungan besar bagi Anda yang mendapat shift malam. Sebab, di waktu inilah Anda dapat memaksimalkan waktu istirahat, berkumpul dengan keluarga, dan juga berolahraga sebelum pergi beraktivitas.

 

Perhatikan Asupan Nutrisi

 

Memperhatikan asupan makanan setiap hari, terutama sebelum berangkat bekerja, juga memberi andil cukup besar sebelum menjalani shift malam. Hindari makan makanan yang terlalu berlemak atau dengan porsi besar, karena hal ini akan membuat Anda cepat mengantuk sehingga mengurangi produktivitas selama melaksanakan shift malam. Pilih menu makanan yang kaya akan nutrisi terutama sumber energi seperti telur, daging, sayur, dan juga buah-buahan. Sederet makanan ini juga mampu menjaga kesehatan tubuh Anda.