Teman Kerja Jadi Sahabat Dekat? Bukan Mustahil

Last update on .

Mayoritas orang cenderung memandang sebelah mata akan persahabatan dengan rekan kerja. Ada yang menganggap bahwa begitu hubungan kerja berubah menjadi hubungan personal, maka profesionalitas tidak lagi bisa dicapai. Padahal, seiring dengan lamanya Anda bekerja, orang-orang di kantor bisa dianggap layaknya keluarga kedua. Terlebih, Anda pun menghabiskan banyak waktu untuk berinteraksi dengan mereka selain dengan keluarga di rumah.

 

Anda tidak akan pernah tahu siapakah rekan kerja yang nantinya akan menjadi sahabat hingga usia tua nanti. Sama halnya seperti Anda tidak akan bisa menduga bahwa ada kemungkinan suatu ketika pimpinan baru di kantor, merupakan teman Anda sendiri.

 

Sebenarnya ada beberapa sikap dan perilaku yang perlu Anda selalu terapkan di dunia kerja. Jika ternyata belum bisa mengubah hubungan teman sekerja menjadi persahabatan jangka panjang, setidaknya Anda telah melalui masa kerja dengan menjadi teman yang baik bagi mereka. Berikut adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan:

 

Saling Menolong Antar Teman

 

Hindari sikap acuh dan menggunakan pertemanan untuk menjatuhkan rekan lain di kantor. Atau, menjadikan teman kantor hanya sebagai wadah curhat seputar atasan atau pekerjaan. Memang tidak sedikit orang lain yang sering melakukannya, namun biarkan saja.

 

Tidak Perlu Paksakan Keakraban

 

Anda sudah bersikap sopan dan membantu tapi rekan kerja tidak ingin ada jalinan keakraban lain selain yang terjadi di kantor. Atau, dia sama sekali tidak berminat untuk memperkenalkan suami atau pasangannya yang sedang mampir ke kantor kepada Anda. Anda tidak perlu merasa tersinggung. Sebab, meski Anda telah menawarkan suatu persahabatan, bukan berarti dia harus menerimanya.

 

Luangkan Waktu Untuk Pergi Bersama

 

Ada manfaat positif dari jalan bareng atau makan malam bersama teman setelah waktu kerja. Atau mengadakan semacam acara family day di akhir minggu, agar keluarga Anda dapat berkenalan dengan keluarganya. Dengan begitu, hubungan Anda dan rekan kerja dapat menjadi lebih erat.