Tips Hari Pertama Kerja di Kantor Baru

Last update on .

Usai menyelesaikan pendidikan di kampus dan sibuk mengirim surat lamaran ke berbagai perusahaan. Akhirnya, Anda menerima panggilan kerja dan berhasil diterima kerja sesuai dengan apa yang diinginkan selama ini. Hari pertama kerja itu memang mendebarkan, hal ini memang wajar karena Anda akan menghadapi lingkungan baru, rekan baru, dan tentunya pekerjaan baru.

 

Sejumlah tips dari Karirgogo.com ini akan membantu Anda agar tidak canggung dan mudah beradaptasi dengan lingkungan baru.

 

Pahami Jobdesk

 

Sebagai karyawan baru, Anda harus bertanya pada atasan mengenai jobdesk. Apa saja yang harus Anda lakukan nantinya ketika bekerja. Tanyakan sedetil mungkin, lantas catat agar di hari pertamamu bekerja Anda langsung dapat menunaikan pekerjaan tanpa banyak bertanya lagi ke atasan.

 

Kenali Rekan Kerja atau Tim

 

Selain jobdesk, Anda juga harus tahu posisi nanti akan berhubungan dengan siapa saja. Agar ketika nanti mulai bekerja, Anda tahu dengan siapa harus bekerja sama dalam tim di tempat kerja.

 

Jangan Salah Pakaian

 

Di hari pertama kerja, Anda jangan sampai salah kostum ya. Siapkan pakaian kerja semalam sebelumnya, agar ketika bangun pagi Anda tidak perlu repot-repot lagi menyiapkan pakaian kerja. Ingat baik-baik informasi yang sudah diberikan ketika tes interview kerja. Pakaian seperti apa, warna apa, dan modelnya apa.

 

Jangan Terlambat Masuk Kerja

 

Karena sudah mendapatkan pekerjaan tentu Anda memiliki tanggung jawab dan kewajiban yang harus ditunaikan dengan baik. Jangan begadang agar Anda tidak kesiangan, dengan tidur yang cukup maka memiliki energi Anda pun tetap prima untuk menghadapi tantangan di hari esok. Berangkat lebih awal akan memberikanmu keleluasaan kalau ada hal-hal yang tidak diinginkan terjadi di perjalanan. Apapun itu, usahakan jangan sampai terlambat ya.

 

Bersikap Ramah Kepada Rekan Kantor

 

Anda berhadapan dengan lingkungan dan teman-teman yang baru ditemui di kantor. Anda belum tahu bagaimana karakter tiap orang di tempat baru, jadi sebagai karyawan baru Anda harus senyum, sapa, salam agar orang lain melihat Anda sebagai pribadi yang ramah.