Makanan Sehat Beri Pengaruh Bagi Produktivitas Kerja

Last update on .

Produktivitas tentu menjadi salah satu faktor penting untuk menunjang aktivitas kerja. Jika karyawan kurang produktif, maka berbagai aktivitas yang berkaitan dengan pekerjaan dapat terhambat dan akhirnya turut mempengaruhi operasional perusahaan.

 

Agar produktivitas karyawan tetap terjaga, ada beberapa cara yang bisa dilakukan seperti merencanakan apa saja yang akan dilakukan, memperkirakan waktu pengerjaan tugas, prioritaskan pekerjaan yang paling penting, dan hindari kegiatan atau hal yang bisa menghambat pekerjaan.

 

Namun, ternyata ada hal yang dapat membantu menjaga dan meningkatkan produktivitas para pekerja, yakni mengonsumsi makanan sehat, terutama saat di tempat kerja. Jika Anda lebih sering mengonsumsi makanan yang kurang sehat dan tidak beragam, maka performa tubuh dapat berkurang, sehingga akan mempengaruhi kinerja.

 

Selain itu, makan siang yang terlalu tinggi karbohidrat, lemak, dan energi bisa menyebabkan sakit kepala. Bahkan seringkali rasa kenyang setelah menyantap makanan tersebut juga bisa menimbulkan rasa kantuk yang berlebihan. Akhirnya Anda akan lebih sulit konsentrasi, memecahkan masalah, mengingat, dan mengolah informasi saat bekerja. Makan makanan terlalu tinggi kalori pun dapat memicu obesitas.

 

Untuk mencegah hal tersebut, berikut sejumlah tips asupan sehat untuk para pekerja kantoran yang telah Karirgogo.com rangkum untuk Anda.

 

Sarapan Pagi dan Makan Malam

 

Upayakan untuk menyantap sarapan dan makan malan dengan menu lengkap serta seimbang. Menu makanan Anda harus mengandung karbohidrat, protein, lemak, dan juga serat.

 

Makan Siang Tepat Waktu

 

Hindari untuk menunda makan siang, karena dapat membuat Anda menjadi lapar di jam yang tidak seharusnya. Sehingga mendorong Anda untuk mencari camilan. Usahakan membawa bekal makanan sendiri, agar Anda paham benar apa saja yang dikonsumsi dan berapa jumlah kalorinya.

 

Siapkan Camilan Sehat

 

Jika ingin mengonsumsi camilan, pilihlah makanan ringan yang sehat. Hindari mengonsumsi camilan yang tinggi gula, garam, dan lemak. Alternatif yang paling tepat adalah mengonsumsi buah-buahan segar.

 

Jangan Lupa Kebutuhan Cairan dan Serat

 

Penuhi kebutuhan cairanmu dalam setiap hari dan hindari minum minuman yang tinggi gula. Selain itu, penuhi kebutuhan serat sebanyak 5 (lima) porsi kecil sayur dan buah dalam sehari.

 

Pola Makan Terencana

 

Hindari keinginan mengonsumsi banyak makanan yang sebenarnya tidak dibutuhkan tubuh atau ‘lapar mata’. Pemilihan makanan ketika Anda dalam kondisi tidak terlalu lapar, membuat Anda dapat memilih menu yang lebih sehat dan bergizi seimbang.

 

Itulah beberapa faktor yang menunjukkan hubungan makanan sehat dengan produktivitas Anda saat bekerja. Berdasarkan penjabaran di atas, maka mengonsumsi makanan sehat memang penting bagi tubuh, terutama untuk menunjang produktivitas kerja Anda.