Perlunya Kecerdasan Emosional di Dunia Kerja

Last update on .

Kecerdasan emosional atau EQ merupakan salah satu hal yang menjadi pertimbangan ketika perusahaan akan merekrut karyawan. Seseorang yang memiliki kecerdasan emosional ini dianggap mampu mengenali dan mengerti emosi, baik untuk dirinya sendiri maupun kepada orang di sekitarnya.

 

Di dunia kerja, bersosialisasi bukanlah hal mudah. Ini karena lingkungannya yang lebih beragam, jika dibandingkan dengan lingkungan rumah. Selain itu, Anda pun belum tentu selalu dapat memahami masalah yang sedang dialami orang lain.

 

Berikut ialah sederet hal penting yang terkait dengan pentingnya kecerdasan emosional di lingkungan kerja:

 

Kesadaran Diri

 

Sadar diri merupakan kemampuan untuk mengenai emosi diri sendiri dan dampaknya ketika akan mengambil keputusan. Jika Anda dapat dengan cepat merasakan sesuatu yang salah saat masuk ke dalam ruangan dan bertemu orang asing, hal ini disebut ‘intuisi’. Kemampuan ini berasal dari tingkat kecerdasan emosional yang dimiliki.

 

Manajemen Diri

 

Dalam aspek ini, berarti Anda perlu menguasai kemampuan dalam mengontrol emosi, perilaku, dan bagaimana cara Anda beradaptasi dengan lingkungan sekitar. Manajemen diri dapat membantu Anda mengurangi atau menekan rasa marah, kecewa, dan rasa takut sehingga emosi tidak akan mempengaruhimu ketika menyelesaikan suatu masalah.

 

Kesadaran Sosial

 

Kesadaran sosial bisa membuat Anda merasa, mengerti, dan tahu bagaimana cara bereaksi terhadap emosi yang ditunjukkan orang lain. Selain itu, elemen ini juga dapat membantu Anda merasa nyaman saat bersosialisasi, serta membantu membaca emosi dari raut wajah lawan bicara.

 

Manajemen Hubungan

 

Kemampuan ini dapat membuat Anda menjadi seorang yang berpengaruh dan tahu bagaimana caranya menjaga hubungan baik dengan rekan kerja. Memiliki manajemen hubungan juga dapat membuat Anda lebih mampu mengendalikan sebuah konflik, karena Anda lebih tenang dan fokus dalam situasi tertentu.

 

Memiliki kecerdasan emosional tak hanya berdampak pada kesehatan diri saja, tapi mempengaruhi kesuksesan Anda di dunia kerja. Karena, setiap perusahaan pasti memiliki lingkungan yang saling berbeda. Jika Anda memiliki kecerdasan emosional, besar kemungkinan Anda dapat mengenali bahkan mengontrol emosi ketika sedang merasa stres atau mendengar kabar yang kurang baik. Ada beberapa alasan pentingnya memiliki kecerdasan emosional di dunia kerja, mulai dari mampu menyelesaikan masalah dengan lebih baik, tetap tenang meski berada di bawah tekanan pekerjaan, hingga dapat menanggapi berbagai kritik yang membangun.