Kenali Dampak Buruk Stres Saat Bekerja

Last update on .

Setiap individu pasti pernah mengalami stres. Mulai dari stres karena adanya perbedaan pendapat antar keluarga, stres karena terjebak kemacetan, hingga stres yang diakibatkan oleh pekerjaan. Stres kerja dianggap lebih mudah datang dan sering dialami, terutama ketika sedang banyak pekerjaan di kantor dan sudah mendekati tenggat waktu.

 

Meskipun hal ini wajar dialami, apalagi saat seseorang sedang berada di bawah tekanan, namun stres kerja yang tidak diatasi dengan tepat, justru dapat menyebabkan berbagai masalah. Stres kerja tidak hanya dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan saja, namun hal ini juga bisa berdampak pada pekerjaan Anda.

 

Berikut adalah sejumlah potensi dampak buruk stres kerja yang telah Karirgogo.com rangkum dari berbagai sumber.

 

  • Buruknya Manajemen Waktu

 

Bagi sebagian orang, stres kerja dapat menimbulkan hormon adrenalin yang membuatmu terpacu untuk menyelesaikan deadline pekerjaan lebih cepat dari biasanya. Namun, ada pula yang justru pekerjaannya tidak terselesaikan karena mungkin kurangnya dukungan dari orang di sekitar, serta tuntutan pekerjaan yang tinggi.

 

Nantinya, hal ini dapat menyebabkan frustasi, sehingga waktu yang dibutuhkan tidak cukup untuk menyelesaikan pekerjaan. Pekerjaan yang tidak selesai tersebut akhirnya dibawa ke rumah, yang memicu rasa stres yang semakin menjadi dan membuat diri merasa tidak mampu mengatur waktu dengan baik.

 

  • Mempengaruhi Hubungan dengan Rekan Kerja

 

Stres kerja juga dapat membuat hubungan dengan rekan kerja jadi tidak baik. Ketika sedang stres, Anda mungkin akan menunjukkan sikap yang kurang baik, berupa kritikan, depresi, mudah tersinggung, marah-marah, ketakutan, hingga sikap defensif. Hal inilah yang nantinya membuat rekan kerja Anda jadi menjauh dan menimbulkan hubungan yang kurang harmonis.

 

  • Tidak Fokus Dalam Pekerjaan

 

Stres kerja bisa mempengaruhi kemampuan mengingat, proses mengolah informasi, hingga tingkat kefokusan. Ketika sedang stres, pikiran jadi tidak fokus dan mudah teralihkan. Hal ini bisa membuat Anda melakukan kesalahan fatal pada pekerjaan, kesalahan yang membahayakan posisi kerja, hingga menyebabkan kerugian untuk Anda dan perusahaan.

 

  • Degradasi Performa Kerja

 

Saat stres kerja, Anda tentu jadi tidak semangat dalam mengerjakan apapun. Kurangnya motivasi dapat berdampak pada perfoma kerja dan membuatmu jadi tidak produktif. Lingkungan kerja yang kurang nyaman, tidak kondusif, dan tingginya tingkat stres dapat membuat Anda jadi malas masuk kantor. Bahkan ada keinginan untuk mundur dari pekerjaan.

 

  • Dampak Kesehatan

 

Stres kerja juga dapat menimbulkan dampak bagi kesehatan, mulai dari mengalami gangguan tidur, gangguan penglihatan, nyeri pada kepala, gangguan saluran pencernaan, hingga mengalami masalah jantung. Bahkan pekerja yang mengalami stres berlebih memiliki tendensi menjalani pola hidup yang tidak sehat seperti makan berlebihan dan mengonsumsi makanan yang tidak sehat.

 

Ketika seseorang mengalami stres, penting untuk segera mengatasi penyebabnya agar tidak memberikan dampak buruk bagi pekerjaan dan kesehatan. Jika Anda melihat orang di sekitar mengalami stres kerja, berikanlah dukungan moral yang dapat membantu mengurangi tingkat stres.