Startup Tidak Harus Dibangun dengan Uangmu Sendiri, Lho! (II-Habis)
Startup Tidak Harus Dibangun dengan Uangmu Sendiri, Lho! (II-Habis)

Last update on .

Pendanaan Seri A

Pendanaan bisnis rintisan atau startup funding jenis ini biasanya dimulai ketika usahamu sudah mulai memiliki rekam jejak yang mapan, pendapatan yang konsisten, dengan indikator lainnya. Biasanya, pendanaan Seri A ditujukan untuk meningkatkan skala pemasaran produk serta mengoptimalkan pengguna atau konsumen dari produkmu. Dalam pendanaan jenis ini biasanya investor akan melihat model bisnismu dalam menghasilkan laba jangka panjang untuk perusahaanmu.

Di Amerika Serikat, pendanaan Seri A memiliki nilai USD2 juta hingga USD15 juta. Pada umumnya investor dalam jenis investasi ini adalah perusahaan modal ventura. Saat melakukan pitching, para investor di pendanaan jenis ini akan mencari founder atau CEO yang dapat menuangkan ide hebat dengan strategi kuat dalam mengembangkan bisnisnya menjadi sukses dan menghasilkan uang.

 

 

Jika investor setuju untuk memberikan pendanaan Seri A, maka CEO harus siap dengan kehadiran atau membutuhkan persetujuan mereka dalam mengambil keputusan. Tapi bila satu investor sudah menyuntikan dana dalam tahap ini serta bergerak sebagai ‘jangkar’, perusahaan modal ventura lainnya akan datang dan ikut membantu pengembangan lebih lanjut untuk perusahaanmu.

 

Pendanaan Seri B

C:\Users\ASUS\AppData\Local\Microsoft\Windows\INetCache\Content.Word\56301823_l.jpg

Sebagaimana dilansir dari laman Investopedia, startup funding pada tahap ini sudah melewati tahap pengembangan dan membawa perusahaan ke tahap selanjutnya. Perusahaan yang mendapatkan pendanaan Seri B biasanya sudah memiliki basis pengguna serta konsumen yang substansial dan siap membawa bisnisnya ke skala yang lebih besar serta memenuhi permintaan pasar yang meningkat.

Para investor dari Seri B memiliki “pemain” yang serupa dengan Seri A. Namun perusahaan startup yang ingin mendapatkan investasi ini harus memiliki valuasi perusahaan antara USD30 juta hingga USD60 juta. Modal yang dikucurkan pada pendanaan ini adalah antara USD7 juta dan USD10 juta. Modal ini digunakan untuk merekrut pegawai untuk pengembangan bisnis, penjualan, periklanan, teknologi, hingga menambah divisi support

 

 

Serupa dengan Seri A, pada pendanaan tahap ini akan ada investor yang menjadi jangkar demi membantu menarik perhatian pendanaan lainnya. Perusahaan modal ventura yang tergabung dalam Seri B biasanya memiliki spesialisasi dalam ranah investasi tahap lanjutan.

Pendanaan Seri C

Perusahaan yang membutuhkan pendanaan Seri C sebenarnya sudah tidak lagi masuk ke dalam kategori startup. Pasalnya, perusahaan tersebut sudah sukses tapi membutuhkan suntikan dana untuk pengembangan produk baru, memperluas pasar, hingga untuk mengambil alih perusahaan lain.

Para investor Seri C memilih bisnis yang paling sukses dan mengucurkan modalnya demi menerima imbalan dua kali lipat dari modal tersebut. Oleh karena itulah para pemain di Seri C memiliki tujuan untuk meingkatkan skala perusaha, menumbuhkan secepatnya, dan sesukses mungkin.

Mengingat sebagai entrepreneur, kamu sukses membangun perusahaan yang sudah besar maka jangkauan investor Seri C sudah lagi bukan perusahaan modal ventura. Para investor Seri C terdiri dari pengelola investasi global atau hedge fund, bank investasi, perusahaan ekuitas swasta. Pada umumnya pengusaha akan berhenti dalam mencari pendanaan pada Seri C.